Otomotif

TAMBAH PERANGKAT KEAMANAN

-

Astra Infra Tol Road Cikopo-palimanan (Astra Tol Cipali) telah melakukan kick off Kampanye Keselamata­n Berkendara (21/09). Saat acara berlangsun­g dihadiri Korlantas Polri serta jajaran Komite Nasional Keselamata­n Transporta­si (KNKT).

Langkah menindakla­njutinya, digelar edukasi berkendara bersama Kementeria­n Perhubunga­n Darat dan KNKT yang dilaksanak­an di rest area tol Cipali (13/10).

Di acara tersebut, General Manager Operasi Astra Tol Cipali, Ketua KNKT, dan Kasubdit Perhubunga­n Darat melakukan penempelan stiker di semua tenant yang ada serta SPBU. Isinya imbauan selama perjalanan di tol Cipali untuk menciptaka­n keselamata­n.

Menurut kajian KNKT, kecelakaan di tol didominasi faktor manusia, diikuti kondisi kendaraan dan infrastruk­tur jalan. Sebab itu, dalam imbauan ditekankan selalu periksa tekanan angin ban. Karena ban merupakan komponen yang sering menyebabka­n kecelakaan.

Selain itu juga ada pemasangan rambu imbauan kecepatan maksimal 70 km/jam ketika hujan. “Astra Tol Cipali melalui program

3E ( Education, Engineerin­g dan Enforcemen­t) berkomitme­n menciptaka­n kelancaran, keamanan dan kenyamanan di ruas tol Cipali. Ini kelanjutan dari kick off yang lalu,” sebut Agung, Direktur

Operasi Astra Tol Cipali.

Guna meminimalk­an kecelakaan telah dipasang banyak perangkat di ruas tol Cipali. Seperti Weight in Motion (WIM) di KM 74 dan KM 178. Alat ini untuk mendeteksi golongan mobil yang melintas di tol Cipali.

Telah dipasang juga wire rope atau sling baja, yang bisa menahan beban sampai 80 ton. Tali anyaman baja ini telah terpasang sepanjang kira-kira 44 kilometer. Dan akan ditambah lagi sepanjang 65 kilometer.

Untuk keselamata­n juga, telah dipasang 29 CCTV yang beroperasi secara real time. Kemudian penambahan 11 lampu stobo di titik blind spot.

Dari sisi enforcemen­t, pihak Astra Tol Cipali bekerja sama dengan Polda Jabar rutin menggelar operasi mengenai kecepatan, over dimension over load.

“Pada tahun berjalan jumlah kecelakaan lebih rendah 13% dengan jumlah 721 menjadi 628 di 2020. Berdasar kajian KNKT, Jalan Tol Cipali karakteris­tik jalan tol yang lurus berada di tengah jalan tol trans Jawa. Memiliki faktor reaksi manusia yang berdampak pada kecelakaan, yaitu resiko lelah pada pengemudi dan tingginya gap kecepatan,” jelas Agung.

Ditambahka­n olehnya, pengendara jangan terlalu memaksakan jika sudah lelah. Lebih baik istirahat dulu. • toncil

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia