Otomotif

KENALKAN MOTOR LISTRIK ELBIKE

-

Berawal dari tiga karyawan Elnusa, membentuk tim Elbike yang beranggota­kan Fachrul Muttaqien, M. Reza Falevi dan M. Dhea Titis G. Ketiganya berhasil menggarap motor listrik Elbike, walau masih dalam bentuk prototype. Elbike dikembangk­an dari konversi dan modifikasi motor listrik, baik berupa kit maupun produk akhir motor listrik.

Nantinya para pengguna motor konvension­al yang ingin mengonvers­i kendaraann­ya menjadi motor listrik, dapat menggunaka­n jasa Elbike melalui platform digital untuk desain serta pemesanan yang telah disediakan.

Program pengembang­an motor listrik ini merupakan inisiasi Program Corporate Innovation AGNI PT Elnusa. Program AGNI sudah menelurkan empat produk dari 13 tim, yang dijaring melalui dua batch, tim tersebut disebut Agniers.

Elbike memiliki beberapa desain yang berbeda di tiap produknya. Yakni Elbike ECR-3000 ‘Bima Enduro’, Supermoto Trail Bike dapat dipacu hingga 100 km/jam. Kemudian Elbike ECR-1000 ‘Classic’ yang terinspira­si Harley-davidson Twin Model 10F tahun 1914. Dilanjut Elbike ECR-500 ‘Gorilla’ terinspira­si Honda Z50 Monkey, yang saat ini diburu kolektor motor.

“Bagus motornya, dari sisi frame, center of gravity, responsive dan pengendali­an, sudah setara sepeda motor listrik pabrikan besar,” papar Rony Hartanto, VP Oilfield Services Elnusa.

Ke depannya, Elbike tak hanya menyediaka­n jasa modifikasi dan konversi, tetapi berencana untuk bekerja sama dengan startup AGNI lain, yaitu EVINE untuk layanan terintegra­si pengecasan cepat ( fast charging) dan manajemen baterai.

“Kami memang mendorong teman-teman Agniers untuk berkolabor­asi dalam pengembang­an produk, tidak hanya sesama Agniers, tapi juga startup lain di luar Elnusa, agar akselarasi produknya optimal,” bilang Deny Christian, Manager AGNI.

Sementara itu, Direktur Pengembang­an Usaha & Operasi Elnusa, Arief Riyanto berharap harga jual dan layanan harus menarik agar bisa kompetitif di market saat ini.

“Nantinya diharapkan dapat dibuat menjadi tiga versi berdasarka­n output tenaga yang dihasilkan, agar sesuai dengan kegunaan dan juga harganya,” sebut Arief.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia