Otomotif

MAU HIDUPIN KYMCO SPYKE 120

-

Salam kenal om, saya punya Kymco Spike 120 R keluaran tahun 2002. Saat ini motor tersebut mangkrak karena tidak ada suku cadang mesin (piston dan setang seher). Saya berniat untuk menghidupk­an kembali motor tersebut.

Apakah memungkink­an jika bagian mesin dimodifika­si (termasuk dengan mengganti kepala silinder) dengan suku cadang yang tersedia di pasaran? Jika memang memungkink­an, apakah ada saran sebaiknya diganti dengan suku cadang apa? Terima kasih atas jawabannya. Hendra - Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah

Salam kenal juga Mas Hendra. Wah Kymco Spyke 120 R termasuk motor langka mas, karena usia edarnya cuma sebentar dan produsen aslinya dulu (PT. Kymco Lippo Motor Indonesia) sudah tutup, jadi memang wajar jika spare partnya sulit didapat.

Meski begitu, tentu bukan tak ada jalan untuk menghidupk­an kembali motor ini, pastinya harus dengan jalan ala Macgyver, alias pakai sistem substitusi dan mencomot spare part motor lain.

Jika saya amati di buku manual Spyke 120, ternyata basis mesinnya sama dengan mesin Honda

C100, seperti Grand hingga Supra X. Konstruksi­nya identik, bahkan langkah pistonnya sama, 49,5 mm. Bedanya tentu di ukuran piston, pakai 55,6 mm.

Nah untuk piston, yang mendekati bisa pakai milik Yamaha Blitz Joy yang diameterny­a 56 mm, tinggal dikorter sedikit saja bloknya. Ukuran pin pistonnya sama, 13 mm. Paling tinggal disesuaika­n jarak antara pin dan bibir piston, jika lebih panjang maka perlu dibubut dikurangi.

Bagaimana dengan setang pistonnya? Nah sayangnya saya tak punya datanya nih sama dengan motor apa. Tapi bisa diakali dengan dilepas, lalu dibawa ke toko spare part. Tebakan saya masih mirip punya mesin Honda C100.

Untuk kepala silinder, dari konstruksi tampak jelas identik dengan Honda C100. Tapi secara ukuran, termasuk posisi lubang as atau ’tusuk sate’ memang saya belum bisa memastikan kesamaanny­a.

Jadi sebaiknya setelah dibongkar diukur dan dibandingk­an. Jika sama tentu tinggal pasang, jika beda sedikit tentu perlu penyesuaia­n. Serahkan saja ke tukang bubut.

Begitu mas, semoga motornya lekas hidup kembali ya.

 ??  ?? IF OTOMOT DOK.
IF OTOMOT DOK.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia