Otomotif

HONDA SALING SIKUT, KTM TINGGAL MEMBUNTUT

-

Bisa dibilang kategori motor adalah yang terseru pada Reli Dakar tahun ini. Bagaimana tidak, setiap etape selalu dimenangka­n pereli berbeda. Meski masih didominasi pereli KTM dan Honda yang jadi tercepat.

Uniknya sampai etape tujuh (3-10/1), 4 pereli dari skuat Monster Energy Honda Team pernah mencicipi berada di peringkat puncak gurun Arab Saudi. Kevin Benavides, Joan Barreda Bort, dan Ricky Brabec pernah menjadi pemenang para beberapa etape.

Sedangkan satu pereli dari Honda lainnya,

Jose Ignacio tidak pernah menang, tetapi bisa mendapatka­n peringkat pertama klasemen sementara Reli Dakar 2021, setelah etape ketujuh. Ada beberapa dampak positif dan negatif dari saling sikut kubu Honda ini.

“Kami bisa tampil cepat, Honda CRF 450 Rally adalah motor yang kompetitif, hanya saja pengalaman kami di Arab Saudi tahun ini banyak menjelajah jalur yang berbeda. Beberapa dari tim kami mengalami masalah navigasi,” tutur Jose Ignacio.

Pereli asal Chili ini unggul sangat tipis dari Toby Price (Red Bull KTM Factory Team) dari segi akumulasi catatan waktu. Terpaut satu detik membuat Price masih berpeluang untuk bisa jadi juara umum kategori motor tahun ini.

Price memang baru menang dua kali dari tujuh etape yang sudah digelar (sampai artikel ini ditulis 11 Januari).

Namun pereli asal Australia ini konsisten di tiga besar dan membuatnya merayap perlahan, padahal ia beberapa kali bermasalah pada navigasi.

STRATEGI

“Ada keberuntun­gan saya jarang menang dan berarti saya tidak harus memulai start pertama pada etape berikutnya. Jika saya bermasalah pada navigasi saya, maka tinggal mengikuti jejak ban yang kemungkina­n milik pereli dari Honda, mereka jarang tersasar,” urai pereli brewokan itu.

Cara yang sama dilakukan rekan setimnya, Sam Sunderland yang kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara. Memang KTM tidak begitu mencolok, tapi skuat perelinya bisa merayap perlahan ke peringkat yang lebih tinggi.

Akhir pekan ini (12/1) akan menjadi etape terakhir Reli Dakar 2021. Pada Jumat akan ditentukan juara di semua kategori, termasuk motor yang masih bersaing ketat. Karena setelah rest day, 10 besar pembalap hanya terpaut 15 menit dari penempat peringkat pertama yang kerap berganti. •

 ?? REDBULL CONTENT POOL ?? Jose Ignacio pembalap Honda paling konsisten yang memberikan kejutan
Jika tersasar, Toby Price mengikuti jejak ban pereli Honda yang start lebih dulu darinya
REDBULL CONTENT POOL Jose Ignacio pembalap Honda paling konsisten yang memberikan kejutan Jika tersasar, Toby Price mengikuti jejak ban pereli Honda yang start lebih dulu darinya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia