Otomotif

COCOKKAH HONDA MOBILIO PAKAI PERTAMAX TURBO?

-

Selamat pagi, Saya membaca OTOMOTIF edisi 37-XXX (21-27 Januari 2021) hal. 4 mengenai artikel Sesuaikan BBM Dengan Ratio Kompresi dengan narasumber Bpk. Tri Yuswidjaja­nto.

Mobil saya Honda Mobilio 2015 selalu servis di Bengkel Resmi. Saya selalu menggunaka­n Pertamax Turbo. Apa efeknya terhadap emisi gas buangnya. Apakah cocok menggunaka­n BBM tersebut? Ooo iya... sekedar info, saya sudah berlanggan­an OTOMOTIF sejak edisi baru brojol. Semoga selalu sukses.

Salam.

Ananto Joenoes – Rempoa, Tangerang Selatan

Selamat pagi juga Mas Ananto. Mengenai pemakaian bahan bakar Pertamax Turbo di Honda Mobilio, boleh-boleh saja. Tapi bisa saja bukannya performa mesin jadi naik, malah turun. Sehingga dapat berdampak tarikan mobil kurang bertenaga dan boros pemakaian bahan bakar.

Pasalnya, bila mengacu penjelasan Bpk. Tri Yuswidjaja­nto yang merupakan ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, bahwa bila RON (Research Octane Number) bahan bakar tidak sesuai dengan rasio kompresi, akan menyebabka­n pembakaran jadi tidak sempurna.

Tidak sesuainya RON bahan bakar bukan hanya karena terlalu rendah, tapi juga bila ia terlalu tinggi dibanding rasio kompresi mesin.

Efek yang akan ditimbulka­n bila pembakaran tidak sempurna, akan membuat performa mesin jadi drop, dan hasil pembakaran cepat menimbulka­n deposit, serta emisi gas buang jadi tidak ramah lingkungan alias buruk.

Pertamax Turbo punya angka

RON 98. Sejatinya bahan bakar dengan bilangan RON segitu, cocoknya untuk mesin dengan rasio kompresi mulai 11,1:1 sampai 13,1:1. Sementara rasio kompresi Honda Mobilio hanya 10,3: 1, yang semestinya cukup pakai Pertamax dengan angka RON 92.

Perlu diketahui juga, semakin tinggi nilai RON bahan bakar, semakin sulit terbakar. Makanya lebih pas digunakan pada mesin dengan rasio kompresi tinggi, lantaran kompresi yang tinggi akan menciptaka­n suhu yang tinggi pula di ruang bakar. Sehingga bahan bakar RON tinggi tadi jadi mudah terbakar sesuai timing yang dibutuhkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia