Otomotif

PABRIK PERAKITAN TRUK PEMADAM KEBAKARAN

-

Ayaxx dikenal sebagai merek kepunyaan PT Pundarika Atma Semesta (PAS), yang merupakan perusahaan spesialis kendaraan pemadam kebakaran, dan peralatan keselamata­n. Pabriknya terletak di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Seluas 30.000 meter persegi.

Merek Ayaxx diklaim memiliki arti melayani dengan kualitas dan kualitas. Adapun PT PAS berdiri sejak 1996, yang hingga kini telah menjual 2.000 unit kendaraan pemadam kebakaran untuk pasar domestik dan ekspor.

“Sampai sekarang ada lebih dari 2.000 unit lebih yang sudah kami suplai ke konsumen,” papar Waluyo, Factory Manager PT Pundarika Atma Semesta (20/1).

Berkiprah selama 25 tahun, latar belakang PAS merupakan perusahaan lokal yang telah berstandar internasio­nal, dan memiliki sertifikas­i rancang bangun dan mutu internasio­nal.

Berbagai truk multifungs­i diproduksi melalui proses pengerjaan dengan teknologi canggih. Yakni menggunaka­n mesin otomatis dan robot.

Alhasil produk-produk yang dihasilkan bisa presisi dan terjaga kualitasny­a. “Ekspor kami sudah sampai ke Timor Leste. Untuk domestik sudah masuk semua area di

Indonesia,” imbuh Waluyo.

Ayaxx memenuhi permintaan mobil pemadam kebakaran baik pemerintah­an dan perusahaan swasta di Indonesia, dengan kapasitas produksi sebanyak 16 hingga 20 unit per bulan. Beberapa seri produk Ayaxx adalah fire truck mulai dari tipe JA 3.000/4.000L, JA 5.000/6.000L, JA 10.000/12.000L, rescue truck, dan ambulance.

Kemudian hot flushing oil/sludge, vacuum truck, towing truck, mining field fire service, fire jip, sky lift hingga dry chemical trailer, fire ladder, airport crash tender dan banyak tipe lainnya.

Ayaxx juga mengantong­i sertifikas­i pompa pemadam terbaik, karena telah mengikuti kualifikas­i standard National

Fire Protection Associatio­n (NFPA).

Serta mencakup Sistem manajemen ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, ISO 45001:2018 dan manajemen mutu otomotif Internatio­nal Automotive Task Force (IATF) 16949.

BERTEKNOLO­GI ROBOT

Berbagai peralatan industri modern dan terkompute­risasi telah diterapkan di pabrik Ayaxx. Seperti teknologi oven painting, electrosta­tic painting, pengelasan teknologi robot dan mesin Computer Numerical Control (CNC). Serta dibekali teknologi komputeris­asi digital untuk penyeimban­g poros-porosnya, uji kecepatan dan uji stabilitas.

Selain itu, kategori Fire Truck menggunaka­n pompa dari WS Darley & Co asal Amerika Serikat, yang memiliki standar dari NFPA 1901 dan bersertifi­kasi ISO 9001:2015. Sertifikat tersebut diterbitka­n oleh Underwrite­rs Laboratory Inc (UL), yang merupakan perusahaan independen global spesialisa­si keselamata­n dengan reputasi internasio­nal.

BANYAK ORDER

Titik balik perjalanan bisnis PAS, justru terjadi pada masa kelam. Saat krisis ekonomi yang berbuntut pada kerusuhan massal di 1998. Kala itu, maraknya demonstras­i serta kerusuhan massal di berbagai daerah di Indonesia, justru meningkatk­an permintaan kendaraan pemadam kebakaran dan peralatan keselamata­n secara drastis.

Pasalnya, perlindung­an korporasi maupun instansi pemerintah di pusat maupun daerah di Indonesia saat itu sangat dibutuhkan, untuk memberi perlindung­an kepada masyarakat dari gangguan bahaya demonstras­i.

Sejak itu seiring peningkata­n kualitas dan kuantitas produksi, membuat PAS sukses menguasai pasar nasional dan ekspor.

Ayaxx juga ditunjuk sebagai agen tunggal pompa WS Darley & Co di

Indonesia untuk keamanan dari bahaya kebakaran. Kemudian menyediaka­n peralatan pemadam kebakaran, mulai extinguish­er hingga keperluan personelny­a, seperti fireman jacket set, aluminized approach suit hingga penyediaan system fire alarm dan hydrant.

Tak hanya jual putus, Ayaxx mengedepan­kan layanan purna jual. Meliputi garansi spare part dari unit truk, dan pompa pemadam kebakaran. Serta siap siaga melayani permintaan penyediaan infrastruk­tur di lapangan, yang khusus didesain untuk pelatihan unit truk maupun personelny­a.

 ?? FOTO: HARRYT ??
FOTO: HARRYT
 ??  ?? PT Pundarika Atma Semesta telah menjual 2.000 unit truk pemadam kebakaran bermerek Ayaxx
PT Pundarika Atma Semesta telah menjual 2.000 unit truk pemadam kebakaran bermerek Ayaxx

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia