Otomotif

Perawatan Sunroof KUNCINYA, JANGAN SERING DIJEMUR!

-

Melihat

mobil pakai sunroof ataupun moonroof, pasti keren dan mewah kesannya. Namun apakah Anda tahu bagaimana cara merawat sunroof atau moonroof ini, agar tetap awet dan berfungsi normal setiap waktu?

“Perawatan sunroof maupun moonroof itu gak sulit kok. Intinya adalah kalau mobil pakai sunroof atau moonroof, jangan sering dijemur terkena hujan dan panas di luar,” ujar Dicka dari Bravecutto­p, spesialis sunroof dan moonroof di kawasan Ciputat, Tangsel.

Memang kenapa kalau sering terjemur? “Kalau sering dijemur dan terkena panas dan hujan, bisa menyebabka­n karet frame sunroof- nya cepat getas. Jika sampai getas, susah tuh cari gantinya,” ucap Dewa, dari Garasi Sunroof. Nah, kalau sudah getas karetnya tentu akan membuat piranti ini jadi bermasalah!

“Jangan lupa juga setiap mobil habis dicuci, harus lap bagian sunroof- nya sampai benar-benar kering. Kalau ada kompresor angin, sekeliling frame sunroof ditiup menggunaka­n angin dari kompresor agar airnya cepat kering,” tambah mantan jurnalis ini.

Lantas jika pada saat sunroof dalam posisi ‘tilt’ atau terbuka ke atas dan akan menutup terdengar bunyi seperti gesekan karet dengan pelat yang cukup jelas, menghilang­kannya mudah. “Di sepanjang karet kaca sunroof, olesi saja pakai oli mesin, pasti bunyinya hilang,”

Dicka lagi.

“Pada saat hendak menutup sunroof maupun moonroof, pastikan kondisi sepanjang relnya bersih, tidak ada kotoran yang bisa membuat proses buka tutup sunroof jadi berat. Terkadang serpihan daun atau ranting halus suka nyelip,” ulas Dicka.

Selain itu jika proses buka tutupnya terlihat berat Anda bisa menyemprot­kan cairan penetran seperti WD40 atau minyak ‘Singer’ di sepanjang relnya agar lancar lagi. “Ulangi rutin setiap tiga bulan sekali,” tambah Dewa.

Kemudian yang gak kalah penting adalah, “Pada saat pemasangan, pastikan karet kaca masih bagus dan talang airnya masih ada dan bersih. Lalu lihat juga jangan sampai di pembuangan airnya tersumbat kotoran. Kalau sampai tersumbat, bisa terjadi kebocoran di dalam kabin lho!” seru Dicka menutup pembicaraa­n.

Gampang kan!•

 ?? FOTO: KYN ??
FOTO: KYN
 ??  ?? Setelah dicuci, semprotkan talang air di sunroof pakai angin kompresor
Setelah dicuci, semprotkan talang air di sunroof pakai angin kompresor
 ??  ?? Semprot penetran 3 bulan sekali
Semprot penetran 3 bulan sekali
 ??  ?? Periksa pembuangan air
Periksa pembuangan air
 ??  ?? Olesi karet kaca sunroof dengan oli
Olesi karet kaca sunroof dengan oli

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia