Otomotif

KE BANDARA SOETTA CUMA 15 MENIT

-

Sekarang waktu tempuh warga Kunciran, Tangerang, ke Bandara Soekarno-hatta (Soetta) cuma 15 Menit. Hal ini disampaika­n Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur. Ia mengatakan dengan diresmikan­nya kedua jalan tol tersebut, semakin mempermuda­h akses serta mempersing­kat waktu tempuh masyarakat.

Karena kedua jalan tol ini melengkapi jaringan Jalan Tol JORR II, yang sebelumnya telah beroperasi sebagian. Yaitu Tol Kunciran-serpong yang dioperasik­an oleh PT Marga Trans Nusantara. “Penguranga­n waktu tempuh akan sangat terasa. jika sebelumnya Serpong-pamulang harus ditempuh 30 menit, kini hanya menjadi 5 menit saja. Begitu juga dengan perjalanan dari Kunciran menuju Cengkareng dan bandara. Sebelumnya harus ditempuh selama lebih kurang 1 jam, dengan tersambung­nya jalan tol baru, hanya menjadi 15 menit saja,” papar Subakti. Waktu tempuh dihitung dengan kecepatan berkendara 60-80 km/jam. “Ini sebuah alternatif yang sangat baik bagi masyarakat, terutama untuk mendukung upaya kita kembali bangkit dari sisi ekonomi akibat Pandemi Covid-19,” imbuhnya. Sebagai catatan, jalan Tol Serpong-cinere memiliki total panjang 10,14 km, yang dibagi menjadi dua seksi. Yaitu: Seksi 1 Serpong-pamulang sepanjang 6,5 km, dan Seksi 2 Pamulang-cinere sepanjang 3,64 km. Sementara itu, untuk Jalan Tol Cengkareng­Batuceper-kunciran memiliki total panjang 14,19 km, yang dibagi menjadi empat seksi.

Yaitu; Seksi 1 Kunciran Junction- Tirtayasa sepanjang 2,04 km, Seksi 2 Tirtayasa-benteng Betawi sepanjang 3,52 km, Seksi 3 Benteng Betawi-husein

Sastranega­ra sepanjang 6,57 km, dan Seksi 4 Husein Sastranega­raBenda Junction sepanjang 2,06 km.

BELUM TEMBUS JAGORAWI

Jasa Marga tegaskan Jalan

Tol Serpong-cinere Ruas SerpongPam­ulang yang telah dioperasik­an, baru bisa diakses hingga GT Pamulang, yang dikeloka anak usaha Jasa Marga, PT Cinere Serpong Jaya (CSJ).

Pasalnya banyak pengguna jalan ruas tol anyar tersebut, dengan harapan dapat melanjutka­n perjalanan menuju Jalan Tol Jagorawi via Jalan Tol CinereJago­rawi (Cijago).

“Yang diresmikan dan dioperasik­an adalah Seksi 1 Ruas Serpong-pamulang dengan perjalanan akhir hingga GT Pamulang. Sedangkan yang akan tersambung dengan Jalan Tol Cijago adalah Seksi 2 Ruas Pamulang Cinere yang saat ini masih dalam tahap konstruksi,” terang Direktur Utama PT CSJ, Ayu Widya Kiswari.

Bagi pengguna jalan yang ingin menuju Tol Cijago melalui akses

Tol Serpong-cinere Ruas SerpongPam­ulang, dapat keluar di GT Pamulang dan melanjutka­n perjalanan via jalan nasional, dan masuk kembali ke jalan tol melalui GT Kukusan Tol Cijago.

“Mayoritas pengguna jalan yang mengira Jalan Tol Serpong-cinere sudah tersambung dengan Jalan

Tol Cijago ini, karena salah satu aplikasi navigasi perjalanan sudah memperliha­tkan kedua jalan tol tersebut telah tersambung. Padahal kenyataann­ya belum tersambung. Jasa Marga sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dari aplikasi tersebut untuk memperbaik­i rute perjalanan,” sambung Ayu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia