Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Masuk ke fitur dan teknologi, seperti disebutkan di awal Meteor 350 dibekali beragam teknologi terkini yang dikembangk­an oleh RE. Beberapa malah yang pertama diterapkan pada line up motor yang diproduksi di Chennai, India ini.

Kita awali dari Tripper Navigator. Sistem navigasi yang pertama kali diterapkan pada motor RE. Tripper Navigator dapat terhubung dengan smartphone via koneksi Bluetooth. Urusan peta, sistem navigasi ini terintegra­si dengan Google Maps.

Sebagai interface,  Tripper Navigator menggunaka­n layar TFT bulat yang terletak pada cluster panel sebelah kanan. Penunjuk arahnya berupa turn- by

Turn secara real time yang sangat mudah diikuti.

“Kami telah menginvest­asikan banyak waktu dan upaya untuk membuat navigasi menjadi mudah dan sangat intuitif dengan integrasi Google Maps. Semua informasi lengkap dapat diakses pengendara untuk membuat keputusan yang tepat tanpa mengganggu konsentras­i di jalan,” ujar Siddhartha Lal, Managing Director of Eicher Motor Ltd, perusahaan induk Royal Enfield.

Kemudian, panel instrumen Meteor 350 berupa paduan analog dan digital.

Isinya ada spidometer analog dengan layar digital di tengahnya. Informasin­ya cukup lengkap, ada gear position indicator,  tripmeter A & B berikut fuel, jam,  fuelmeter, Eco indicator dan service remainder. Tapi anehnya tanpa takometer. Selain itu, ada pula Usb charging port yang dapat digunakan untuk mengisi daya handphone.  Mempertaha­nkan sentuhan klasik, headlamp masih menggunaka­n bohlam halogen. Namun, di sekeliling­nya sudah ada DRL ( Daytime Running Light) LED. Kemudian stoplamp sudah LED dengan model ring, walau sein masih menggunaka­n bohlam. Sisi pengereman Meteor 350 mengadopsi tipe disc di depan dan belakang berukuran 300 mm dan 270 mm. Lengkap dengan ABS ( Anti-lock Braking System) 2 channel. RE pun merancang rangka twin downtube spine baru yang diklaim lebih kuat dan kaku. Dirancang untuk stabilitas jalan lurus, cornering maupun bermanuver tanpa harus berkomprom­i dengan kenyamanan. Rangka tersebut dipadukan dengan suspensi depan teleskopik 41 mm dengan travel 130 mm dan shockbreak­er belakang ganda dengan adjustable preload 6 tingkat. Meteor 350 menggunaka­n pelek alloy dengan diameter belang, 19 serta 17 inci di depan dan belakang. Dibalut ban tubeless berukuran 100/90-19 dan 140/70-17.

 ??  ?? Panel instrumen bulat paduan analog dan digital, di sebelah kanan yaitu Tripper Navigator
Panel instrumen bulat paduan analog dan digital, di sebelah kanan yaitu Tripper Navigator

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia