Otomotif

KEGILAAN BARU DI GURUN

-

Setelah banyak diperbinca­ngkan sejak tahun lalu, kompetisi balap mobil off-road listrik, Extreme E mulai seri perdana di Al-ula, Arab Saudi (3-4/4). Seri pembuka ini menjelaska­n jalannya lomba dari kompetisi yang disebut X-prix tersebut.

Berbeda dengan kancah off-road lainnya seperti reli yang menggunaka­n SS ( Special Stage), X-prix punya format tersendiri yang terbilang unik. Setiap sembilan peserta akan menjalani kualifikas­i pertama dan kedua.

Ada sebuah sirkuit yang disiapkan dengan jarak 16 km dan setiap peserta berpacu melawan waktu untuk mendapatka­n angka tercepat. Dari kedua kualifikas­i tersebut, lap time yang didapatkan akan dikombinas­i dan menentukan peringkat dari 1-9.

Empat peringkat teratas akan masuk ke sesi semi final dan peringkat 5-9 akan masuk ke crazy race. Keduanya punya format lintasan yang berbeda, karena pembalap yang menjalani sesi semifinal, akan melakukan dua lap di lintasan yang lebih mudah. Sedangkan crazy race di lintasan yang belum terbentuk, dan hanya diberi rute, mirip seperti Reli Dakar.

Disebut crazy race atau ‘balapan gila’ karena kelima pembalap di sesi ini harus berjuang untuk menjadi yang tercepat supaya bisa lolos ke final. Sedangkan di sesi semifinal, tiga pembalap tercepatla­h yang berhak bersaing masuk final. Setelah di sesi final, maka akan memperebut­kan podium dan mencari pemenang.

BANGGA

“Saya sangat bangga bisa menyebut ini Extreme E karena memang menyuguhka­n balapan yang ekstrem, tetapi menyenangk­an, menegangka­n, juga sangat seru. Semua ekspektasi kami akan jalannya balapan bisa tersalurka­n dengan sempurna, sehingga saya harap akan sama menyenangk­annya di lokasi dan iklim lainnya,” ujar CEO Extreme E, Alejandro Agag

Ditambah banyak nama- nama besar yang ikut serta, seperti Carlos Sainz, Sebastian Loeb, Jenson Button, Laia Sanz, dan Stephane Sarrazin. Pun dengan pemilik tim yang bersaing untuk kemenangan berasal dari juara dunia F1, Rosberg X Racing milik Nico Rosberg dan Team X44 milik Lewis Hamilton.

“Saya cukup stres selama akhir pekan di Arab Saudi, karena saya cukup menunggu untuk Extreme E ini bisa digelar. Memastikan semuanya selamat adalah yang utama karena konsep kompetisi ini terbilang baru, sehingga saat selesai dan saya menang, ekspresi saya sangat meluap,” kata Rosberg.

Pada ronde kedua akan digelar di kota Lac Arose, Senegal (29-30/5). Trek yang akan digunakan adalah jalur pantai karena konsep Extreme E ini adalah digelar di berbagai kontur dan iklim di seluruh penjuru dunia. •

 ??  ??
 ??  ?? Nico Rosberg dan timnya puas bisa aman dan meraih kemenangan di Arab Saudi.
Nico Rosberg dan timnya puas bisa aman dan meraih kemenangan di Arab Saudi.
 ?? FOTO: EXTEREME E MEDIA ?? Alejandro Agag puas dengan seri perdana Extreme E
FOTO: EXTEREME E MEDIA Alejandro Agag puas dengan seri perdana Extreme E

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia