Otomotif

SEJARAH MANIS PEMBALAP PERANCIS

-

Persaingan perebutan posisi pertama Motogp Doha (4/4) kian memanas di lima lap terakhir. Kala Fabio Quartararo menggeser dominasi duo Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco.

Bahkan pembalap baru di Monster Energy Yamaha Motogp itu konsisten pada lap time di sirkuit Losail, Qatar dan terus membuka jarak di posisi terdepan.

Sebab keunggulan Yamaha YZR-M1 Quartararo terletak pada kecepatan di tikungan yang bisa dimaksimal­kan di Losail, sedangkan setiap masuk trek lurus, Ducati Desmosedic­i GP21 Zarco dan Martin bisa saja memangkas selisih jarak dari Quartararo. Namun kemenangan tetap diraih pembalap asal Perancis itu.

Ini adalah kemenangan keempat Quartararo dalam tiga tahunnya berkiprah di Motogp. Sekaligus sebuah sejarah baru bagi Perancis kala dua pembalap negara yang terkenal dengan fashionnya itu meraih dua podium tertinggi di Motogp, Quartararo dan Zarco. Pasalnya, mereka tidak terlalu banyak berkiprah di kancah balap motor dunia.

Saat lagu kebangsaan Perancis, La Marseillai­se dikumandan­gkan, Quartararo dan Zarco bernyanyi bersama. Keduanya nampak kompak menyanyika­n lagu tersebut di atas podium tertinggi karena dalam sejarah, terakhir kali pembalap

Perancis double podium adalah tahun 1954. Kala itu di seri pembuka yang digelar di kota Reims, Perancis pemenang GP500 saat itu adalah Pierre Monneret dan Jacques Collot di podium ketiga. Sedikit ada kemiripan pada Motogp Doha saat ini karena pemenangny­a adalah pembalap Perancis murni, sedangkan kompatrion­ya berdarah campuran Italia- Perancis, seperti Zarco dan Jacques Collot punya kesamaan itu. “Balapan yang sangat bagus kami dapatkan malam ini, Johann Zarco sangat kuat dan kita podium bersama dengan membawa kebanggaan negara yang sama,” ujar Fabio.

Baik Zarco dan Quartararo, mereka sama-sama tidak pernah kompetitif pada tahun-tahun sebelumnya di Qatar.

Alhasil bisa meraih dua tempat tertinggi saat ini sama-sama menggapai perolehan tertinggi dan kepuasan yang baru. “Sudah lama saya tidak menang, saya harap ini bukan satu-satunya kemenangan yang saya raih tahun ini,” tambahnya.

QATAR TAK ANGKER

Sirkuit Losail adalah tempat yang ‘angker’ bagi Zarco dan Quartararo karena mereka tidak pernah meraih podium di sana sejak debut di GP125 dan Moto3. Khususnya bagi Zarco yang dua kali beruntung meraih podium kedua di sirkuit padang pasir tersebut.

“Saya dan Quartararo sama- sama senang karena pembalap Perancis podium bersama, juga senang dengan Jorge Martin karena kita bisa membawa Pramac Racing mendominas­i. Sekarang saya tak merasa sirkuit Losail itu angker,” urai pemilik nomor 5 itu.

Ini juga pertama kalinya pemilik dua gelar juara dunia Moto2 itu berada di puncak klasemen Motogp sejak debut 2017. Zarco unggul empat point dari duo Monster Energy Yamaha Motogp, Quartararo dan Vinales yang sama-sama punya 36 point. hasil Lomba

Dalam dua seri pembuka, Pramac Racing sudah meraih tiga podium, sedangkan tim pabrikan, Ducati Lenovo Team baru meraih satu podium kala pembalap mudanya, Francesco Bagnaia podium ketiga pekan lalu (28/3).

Ini menjadi evaluasi tersendiri bagi tim pabrikan, apakah memang ada kesalahan teknis pada motor atau pembalapny­a memiliki kendala pribadi. Khususnya

pada Jack Miller yang semula impresif pada tes pramusim dan FP1 Motogp Doha (2/4), kini bermasalah pada arm pump dan akan melakukan operasi secepatnya.

“Setelah berkonsult­asi dengan dokter mengenai kondisi tangan saya ini, sampai akhirnya akan ada keputusan kalau saya akan melakukan operasi karena arm pump ini, sepekan sebelum Motogp Portugal (18/4),” kata Miller menjelaska­n.

Ronde ketiga nanti akan jadi kedua kalinya sirkuit Portimao menggelar Motogp dan masih menunggu keseruan balapan di sirkuit yang mirip jalur roller coaster tersebut.

Serta menunggu kepastian apakah sang pemilik delapan gelar juara dunia Motogp, Marc Marquez akan kembali balapan? •

 ?? YAMAHA MOTOGP ??
YAMAHA MOTOGP
 ?? YAMAHA MOTOGP ?? Johann Zarco dan Fabio Quartararo membawa Perancis podium ganda untuk pertama kalinya di era modern
YAMAHA MOTOGP Johann Zarco dan Fabio Quartararo membawa Perancis podium ganda untuk pertama kalinya di era modern
 ??  ??
 ?? YAMAHA MOTOGP ?? Jorge Martin raih podium pertama di Motogp usai mencetak pole position
YAMAHA MOTOGP Jorge Martin raih podium pertama di Motogp usai mencetak pole position
 ?? DUCATI ?? Jack Miller mengalami masalah arm pump, sehingga tak bisa maksimal dengan Ducati di Qatar
DUCATI Jack Miller mengalami masalah arm pump, sehingga tak bisa maksimal dengan Ducati di Qatar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia