Otomotif

MARC MARQUEZ KEMBALI JADI ALIEN

-

Kita sudah lihat ‘keajaiban’ saat Marc Marquez memenangka­n Motogp Jerman pekan lalu (20/6). Meski belum sembuh total, fisiknya seakan sudah sesuai karakter Sachsenrin­g, sehingga bisa membuat pembalap Repsol Honda Team itu tetap di posisi pertama dan jadi pemenang. Lalu saat di Motogp Belanda yang hanya berselang sepekan, kita kembali menyaksika­n Marc yang belum sembuh. Sejak sesi latihan sampai kualifikas­i (25-26/6) ia dua kali terjatuh, bahkan yang pertama ia kembali terpelanti­ng. Beruntung pemilik delapan gelar juara dunia itu tidak mengalami cedera.

Ini berdampak pada race pace yang melambat dan mengganggu­nya saat kualifikas­i. Hasil yang buruk membawa Marc ke barisan paling belakang, tepatnya start dari posisi 20. Setelah balapan, keajaiban pembalap 28 tahun itu kembali terlihat.

Hanya satu tarikan gas, ia mendahului 11 pembalap dan di tikungan kedua sudah berada di posisi sembilan. Ia bersaing ketat dengan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) dan finish di posisi tujuh usai Takaaki Nakagami (LCR

Honda Idemitsu) dan Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) mengalami kendala.

“Jelas bukan hasil yang saya harapkan, tetapi jika mengingat saya start dari posisi 20 dan finish di posisi tujuh adalah sesuatu yang istimewa. Aprilia (Aleix Espargaro) cukup cepat dan sulit didahului, tak menduga yang dulu saya bisa mendahului­nya dengan mudah, kini harus melawannya sepanjang balapan,” papar Marc.

“Masih ada masalah pada kondisi fisikku, sehingga saya hanya menikmati persaingan dengan Aleix dan Pecco (Francesco Bagnaia, Ducati Lenovo Team, red). Keduanya cukup menguji kesabaran, tetapi saya cukup senang dengan hasil di Belanda. Kini fokus pemulihan di libur musim panas dan saya akan kembali lebih kuat di Austria,” lanjutnya.

Satu bulan jeda musim Motogp menjadi waktu yang banyak bagi Marc menjalani masa penyembuha­n. Ia berniat kembali berlatih di atas motor, khususnya motocross yang sudah lama ia tinggalkan.

Setelah kondisi fisik jauh lebih ideal untuk kembali dalam ritme tinggi, ia siap menjalani dua seri beruntun di Red Bull Ring untuk Motogp Styria (8/8) dan Austria (15/8). • DAB

 ?? REDBULL CONTENT POOL ??
REDBULL CONTENT POOL

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia