Otomotif

AMAN MODAL LEM

-

Beberapa pekan terakhir di medsos ramai dibahas mengenai hilangnya kaliper rem, yang menimpa pemilik Honda ADV150 sampai Yamaha XMAX, dari kaliper standar sampai aftermarke­t.

Contohnya dilaporkan oleh Tri Arif Sudarmaji di grup Facebook Bekakas (9/6/2021). Tri menceritak­an tentang kehilangan kaliper rem belakang ADV150.

Tri juga menyertaka­n foto sebuah ADV150 dengan kondisi kaliper rem belakang tak ada, dan selang remnya terlihat putus bekas dipotong (Gbr.1).

Sementara akun Facebook By-u Aredie di grup Honda

ADV150

Indonesia menuliskan kejadian hilangnya kaliper rem depan ADV150 CBS

(Gbr.2). Modusnya sama, baut dicopot dan kedua selang remnya dipotong.

Malah di grup Facebook Yamaha XMAX ada yang kehilangan kaliper Brembo 4 piston. Tentunya hal itu cukup merepotkan, karena motor jadi tak bisa digunakan, dan mesti keluar uang untuk mengganti kaliper yang hilang.

Harga kaliper pun tergolong tak murah. Menurut Dimas Reza dari

Dim-dim Shop, pedagang online khusus spare part Honda menyebut memang lumayan mahal, khususnya yang CBS.

“Yang depan kalau CBS 3 piston lebih mahal dari yang ABS.”

“Kaliper depan tipe CBS ADV150 dan PCX 150 K97 Rp 454 ribu, kalau yang ABS Rp 365 ribu,” terang Dimas. Kaliper rem belakang lebih mahal lagi, “PCX K97 atau ADV untuk belakang Rp 663 ribu,” imbuh Dimas.

Apa yang harus dilakukan agar kejadian kaliper hilang tak menimpa kita? Tentu perlu diamankan. Walaupun pabrikan sudah menggunaka­n baut dengan kepala bintang, ternyata tak mempan, karena kunci tersebut sekarang mudah dibeli.

“Baut kalipernya dikasih lem sealer aja (Gbr.3), jadi kunci L bintangnya gak bisa masuk,” saran Harry Anggi, mekanik bengkel

R59 Racing yang ada di Ciputat, Tangerang Selatan.

“Jadi kalipernya gak gampang dicolong, karena kan jadi susah, harus bersihin sealernya dulu baru bisa masuk kunci L bintang,” lanjut Anggi. Jadi setidaknya dengan dikasih lem akan memperlama maling dalam beraksi.

Kalau mau lebih paten bisa pakai plastic steel yang sebelum penggunaan mesti dicampur dahulu

(Gbr.4). Tapi perlu dicatat, kalau pakai lem ini, saat kita mau melepas untuk ganti kampas pun butuh waktu lama membersihk­annya.

Tips terakhir tentu sebaiknya parkir di tempat yang lebih aman, dengan pengawasan langsung, sehingga kemungkina­n maling beraksi jadi minim. •

 ?? TRI ARIF SUDARMAJI AANT ??
TRI ARIF SUDARMAJI AANT
 ?? AREDIE ??
AREDIE
 ?? AANT ??
AANT

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia