Otomotif

MIO SOUL NGELOS

-

Mau tanya masalah motor saya Yamaha Mio Soul lama. Saya sudah ganti v-belt, mangkok belakang, kampas ganda. Kalau dibawa jalan 60-70 km/jam kadang suka kayak ngelos atau hampa. Kira-kira apanya? Terima kasih. Pirman Taupik – by email

Halo Kang Pirman, transmisi CVT yang punya banyak komponen dan semua punya peran, memang agak rumit jika terjadi masalah. Seperti halnya ketika di kecepatan menengah terasa los atau hampa sesaat, kira-kira dari mana sebabnya?

Dalam hal perubahan kenaikan kecepatan, yang berfungsi secara vital di CVT tentu kedua puli. Jadi kita fokus pada 2 komponen itu, karena kalau v-belt, kampas ganda dan mangkok saya anggap masih sehat karena baru diganti.

Oke pertama mesti dicek kondisi roller, pastikan belum peang. Karena jika peang, ketika bergulir akibat gaya sentrifuga­l dan mendorong puli primer membuka tentu akan tersendat.

Pemeriksaa­n berikutnya kondisi alur roller di puli, cek apakah ada keausan yang berlebihan atau belum. Karena jika itu terjadi, efeknya sama dengan roller peang, yang bisa berakibat seperti tersendat atau hampa sesaat.

Oke pemeriksaa­n berikutnya konsentras­i pada puli sekunder atau puli belakang. Cek di bagian secondary sliding sheave atau bagian yang puli yang bisa gerak, yang mana di asnya terdapat alur yang buat mengatur merenggang dan merapatnya. Nah cek kondisi alurnya, sudah tergerus atau masih bagus. Jika terjadi keausan, bisa jadi ini salah satu penyebab tenaga ngelos.

Oiya jangan lupa saat perakitan kasih grease atau gemuk baru yang khusus buat CVT. Gitu Kang Pirman analisa saya, semoga bisa membantu memecahkan masalahnya ya.

 ?? ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia