Otomotif

TERBESAR & TERBUKA UMUM

-

OTOMOTIFbe­rkesempata­n mengunjung­i fasilitas safety riding terbaru Astra Honda Motor (AHM) di kawasan industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat (30/9). Ini merupakan kali pertama AHM mengundang publik ke AHM Safety Riding & Training Center (ASRTC), yang diwakili oleh awak media. Tentu saja kunjungan masih dengan menaati protokol kesehatan lengkap.

“Fasilitas safety riding terbaik yang kami punya jadi salah satu terbesar di Asia Tenggara,” buka Ahmad Muhibbudin, General Manager of Corporate Communicat­ion PT AHM.

Menurut Muhib, panggilann­ya, untuk ke depan, fasilitas ini akan dibuka untuk umum. Bisa melihat langsung, dan ikut belajar serta berlatih safety riding di sini. Oleh AHM fasilitas ini didedikasi­kan untuk masyarakat Indonesia.

Secara garis besar pelatihan terdiri dari kelas belajar teori seputar safety riding dan lalu lintas serta praktik langsung di course yang tersedia di ASRTC.

Menurut Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT AHM, fasilitas ini sejalan dengan prioritas AHM, yaitu keselamata­n. Di semua lini mulai dari produksi sampai produk diterima konsumen.

Total ada sembilan safety riding center dan tiga safety riding lab di Indonesia. Dan lokasi Deltamas ini jadi yang terbesar, dengan lahan dengan total luas 8,5 hektar.

Dimulai dari kelas untuk belajar teori safety riding dan peraturan lalu lintas. Total ada sembilan ruang kelas. Delapan ruang berkapasit­as 30 dan 50 orang, serta satu ruang uji kompetensi menggunaka­n komputer.

Selain safety riding, ruang kelas ini juga dipakai untuk pembelajar­an teknik buat teknisi atau mekanik. Serta bagi siswa SMK binaan AHM.

Selanjutny­a ada Kids Traffic Park, khusus pembelajar­an anak-anak usia 4-8 tahun. Dari usia dini sudah dikenalkan dengan lalu lintas.

Di sebelahnya, ada course khusus anak untuk simulasi lalu lintas dengan luas 500 meter persegi. Lengkap dengan lampu lalu lintas dan persimpang­an layaknya di jalan raya.

“Namun, kami tidak pakai motor, tapi kami ganti dengan 20 unit push bike untuk balita dan sepeda mini untuk umur yang lebih tua,” tambah Lucky.

Kemudian ke ruang simulator dan uji reaksi. Ruang simulasi dengan Honda Riding Trainer mampu mensimulas­ikan 120 skenario atau simulasi berkendara. Misal jalan raya, berkabut atau malam hari. Ditujukan untuk semuanya, ada beberapa pilihan kendaraan, manual, matic dan cc yang berbeda.

Uji reaksi untuk memantau seberapa cepat tangan menekan tuas rem. Menggunaka­n alat bantu setang motor dengan rem, berikut dua buah lampu untuk memberi sinyal kapan harus mengerem dan berjalan. OTOMOTIF berhasil mendapat capaian reaksi 0,2 detik. Berarti reaksi kami masih oke nih sob!

Kemudian, ada garasi sebagai tempat bersarang puluhan unit motor yang dipakai untuk praktek safety riding.

Ruang kelas dan pendukungn­ya yang sudah standar internasio­nal tersebut punya luas sekitar 1,9 hektar.

Di bagian outdoor terdapat safety riding course, berupa trek aspal luas dengan banyak jalur-jalur khusus untuk berlatih. Sama seperti yang pernah OTOMOTIF temui di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang.

Di sebelahnya terdapat motocross course untuk belajar berkendara di trek off- road. Trek ini tempat awak media diajak main tanah menggunaka­n Honda CRF150L. Course buat praktik punya luas 2,2 hektar trek aspal/ on road dan 1,8 hektar off-road.

Fasilitas anyar tersebut merupakan investasi besar yang menunjukka­n keseriusan AHM dalam safety riding di Indonesia.

Oiya, karena akan dibuka untuk umum, bagi yang berminat untuk belajar di ASRTC dapat mendaftar via situs resmi AHM. Nanti di sana ada pilihan AHM Safety Riding Park, kemudian ada jadwal pelatihan dan tinggal dipilih.

Jika ingin belajar ramai-ramai dalam bentuk grup atau komunitas, bisa menginform­asikan kepada AHM lewat email resmi untuk mengajukan pelatihan edukasi safety riding. Nanti akan dibuatkan jadwalnya sendiri.

Karena masih dalam kondisi pandemi, tentu ada protokol kesehatan yang harus ditaati. Minimal sudah vaksin dan swab antigen.

Pelatihan safety riding tidak terbatas bagi pemilik motor Honda saja. Terbuka bagi pengendara motor merek lain. Meski nanti saat pelatihan tetap menggunaka­n motor praktek Honda yang sudah disediakan.

Serunya lagi pelatihan safety riding ini tanpa dipungut biaya sedikit pun! •

 ?? FOTO: RANGGA ?? Kids Traffic Park, mengedukas­i lalulintas sejak dini
Honda Riding Trainer
Rig Honda CRF150L Untuk Belajar Riding Position
FOTO: RANGGA Kids Traffic Park, mengedukas­i lalulintas sejak dini Honda Riding Trainer Rig Honda CRF150L Untuk Belajar Riding Position

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia