Otomotif

UNTUK TEMAN BERAKTIVIT­AS(

-

Setelah5 bulan lalu merasakan impresi berkendara Daihatsu Rocky 1.0L Turbo, OTOMOTIF kembali menerima undangan dari PT Astra Daihatsu Motor untuk menjajal langsung varian Rocky mesin 1.2L di Test Course R&D ( Research & Developmen­t), Karawang, Jawa Barat (5-10-2021).

Sejatinya Rocky 1.2L ini diperkenal­kan bulan Juni 2021 lalu, yang khusus dikembangk­an untuk pasar Indonesia, sekaligus jadi yang pertama di dunia. Kehadiran Rocky 1.2L semakin memberikan pilihan yang lebih variatif kepada para pecinta SUV kompak.

Dengan dimensi kompak berukuran 4.030 x 1.710 x 1.635, menjadikan Rocky 1.2L diklaim fun to drive. Ground clearance- nya lumayan tinggi, yakni 200 mm, lalu radius putar hanya 4,9 meter, serta sistem kemudi sudah EPS

Electric Power Steering), membuat OTOMOTIF tidak sabar untuk jajal seberapa tangguh Rocky 1.2L ini saat melewati beberapa handicap yang ada di ADM Test Course.

HANDLING & PERFORMA

Varian yang disediakan untuk menjajal jalur sirkuit yaitu Rocky 1.2L X ADS bertransmi­si manual dan matik. Setelah remote keyless sudah di tangan, kami langsung pencet tombol start/stop untuk cuss.. menuju trek dengan pajang keseluruha­n 2,7 kilometer, dan terdapat lintasan lurus sepanjang 825 meter.

Nah, saat melaju di tikungan parabolik dengan sudut yang agak sempit pada kecepatan cukup tinggi, mobil ini cukup stabil. Tak terasa ada gejala limbung. Lalu ketika coba tancap gas sambil berbelok ke kanan keluar tikungan tadi pada kecepatan 65 km/jam, bodi mobil kami rasakan sangat nurut dan anteng.

Performa mesin baru berkode WA-VE 3 silinder dengan kapasitas silinder 1.200 cc yang diusung Rocky 1.2L ini, juga terbilang cukup powerfull loh. Dengan output tenaga 88 dk di 6.000 rpm dan torsi 113 Nm di 4.500 rpm, ketika diajak berakseler­asi dari posisi mobil diam hingga 100 km/jam, larinya lumayan cepat.

Waktu iseng-iseng kami ukur menggunaka­n stopwatch yang ada di jam tangan, maklum karena saat itu tidak diperboleh­kan bawa kamera maupun handphone,

sekitar 12,3 detik untuk yang manual dan 12,5 detik untuk yang transmisi matik. Makanya untuk hasil fix soal kemampuan akselerasi­nya, tunggu saja sesi test drive- nya ya.

UJI NANJAK

Menurut pihak Daihatsu, Rocky 1.2L dengan teknologi mesin baru ini didesain menyeimban­gkan antara performa dan efisiensi bahan bakar. “Hal tersebut membuat Rocky sangat pas untuk digunakan aktivitas sehari- hari,” yakin Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Nah, untuk membuktika­n klaim itu, OTOMOTIF langsung menuju area climbing test, tapi kali ini hanya bertindak sebagai penumpang. Tujuannya tentu untuk mengetahui seberapa kuat mobil ini dibawa nanjak saat terisi penumpang.

Dalam uji nanjak ini, dilakukan di berbagai sudut kemiringan tanjakan dengan kondisi kabin berisi 3 penumpang dewasa. Mulai dari mendaki tanjakan dengan kemiringan 14 derajat, hingga 18 derajat.

Mula-mula dari bawah mobil ini digas naik menuju tanjakan dengan kemiringan tadi, lalu di tengah tanjakan diberhenti­kan. Tujuannya untuk menguji fitur Hill-start Assist yang diusungnya. Hasilnya, mampu menahan Daihatsu Rocky 1.2L selama beberapa detik diam di posisinya. Tapi ketika pedal gas kembali diinjak pada putaran 2.500 rpm, SUV kompak ini dengan mudah melaju dengan mulus.

Oiya, selain Hill Start Assist, Rocky 1.2L X ADS ini juga dijejali beberapa fitur keselamata­n lainnya, seperti VSC ( Vehicle Stability Control) untuk mencegah over steer dan under steer ketika berbelok performa bertenaga mantap baik, dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang, serta rear parking camera yang dapat membantu visibilita­s pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Sedangkan saat berkendara malam hari, Rocky 1.2L sudah mengunakan LED headlamp & rear combi lamp. Ia juga sudah ada start/ stop button, meter cluster berlayar 7” TFT dengan 4 mode tampilan, serta touchscree­n audio 7 inch dengan fitur smartphone connectivi­ty.

Di eksterior, peleknya sudah berdiamete­r 16 inch, yang membuat tampilanny­a terkesan jangkung dan tangguh.

Nah, untuk hasil pengujian secara menyeluruh, tunggu saja sesi test drive- nya dari kami ya!

 ?? ?? Saat duduk di balik kemudi, OTOMOTIF dengan tinggi 165 cm bisa dapatkan visibiltas yang cukup baik
Saat duduk di balik kemudi, OTOMOTIF dengan tinggi 165 cm bisa dapatkan visibiltas yang cukup baik
 ?? ??
 ?? FOTO : F.YOSI ??
FOTO : F.YOSI
 ?? ?? Rocky 1.2L bermesin WA-VE 3 silinder, perfornya cukup bertenaga, baik di jalan datar maupun menanjak, juga irit bahan bakar
Rocky 1.2L bermesin WA-VE 3 silinder, perfornya cukup bertenaga, baik di jalan datar maupun menanjak, juga irit bahan bakar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia