Otomotif

MASKOT BENGKEL

-

Sebagai bentuk eksistensi sekaligus buat menunjukka­n contoh hasil garapan ke konsumen, bengkel modifikasi 902 Garage yang spesialis custom kaki-kaki merasa perlu punya sebuah maskot.

Perwujudan­nya berbekal Honda CBR250RR yang dimodifika­si total. “Konsepnya Modern Café Racer, dikonsep untuk kontes kelas racing style karena tidak pakai lampu dan spion layaknya motor balap,” sebut Yusa Firdaus owner 902 Garage.

Yusa menambahka­n, “Pilih konsep ini karena masih jarang. Bengkel lain biasanya masih kental aura klasiknya, saya gak mau ke arah sana. Kemungkina­n ke depan nanti mau dibuatin lampu dan bisa dipakai ke jalan umum.”

Sekujur bodi yang sudah dibikin baru lalu dibalut dengan warna silver metalik dari livery spesial tim Repsol Honda di Motogp. “Livery ini dipakai di Valencia 2008 buat memperinga­ti kiprah balap 40 tahun Repsol Honda. Tapi desainnya sedikit dibedain,” tunjuknya.

Rampung urusan bodi, lanjut membengkak­kan kaki-kaki menggunaka­n part moge. Upside down pakai milik Ducati 996 dikombinas­i sepasang kaliper Brembo 484 Café Racer yang mendukung konsep modifikasi­nya.

“Butuh penyesuaia­n di as komstir, as roda, dudukan kunci kontak, dan bikin braket kaliper dari axial ke radial,” terang Yusa tentang proses pemasangan kaki-kaki depan.

“Pelek pakai YZF-R6 dan pakai ban Pirelli Diablo Rain biar sesuai konsep bodi yang udah model balap, jadi ban juga ke arah racing walau gak dipake balap beneran, hahaa…” tambah pria yang bengkelnya ada di bilangan Rawa Bebek, Bekasi ini.

Swing arm juga turut diganti, namun bukan pakai milik YZF-R1, CBR1000RR moge seliter lainnya yang sering diadopsi. Yusa justru memilih swing arm Kawasaki ER-6N.

“Karena ikuti konsep rangka biar senada model pipa, kalau rangka deltabox baru cocok deh pakai R1. Pasangnya ubah konstruksi swing arm ER-6N, monosok samping jadi tengah,” rincinya.

Untuk menambah kesan racy, silencer knalpotnya pakai Akrapovic dikombinas­i leher knalpot titanium, dan ada cover cakram di depan layaknya pacuan Motogp.

Maskot bengkel yang keren!

 ?? ??
 ?? ?? Posisi berkendara dibuat nangkring karena pakai footstep Nassert-beet
Posisi berkendara dibuat nangkring karena pakai footstep Nassert-beet
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia