Otomotif

ANTARA LOKAL & IMPOR

OTOPRODUK

-

Kemunculan

pelek Vespa Genova Design (GD) menambah pilihan bagi pengguna Vespa yang ingin mengganti ‘sepatu’ tunggangan­nya. Selain GD, sebelumnya sudah ada beberapa merek pelek aftermarke­t yang dapat dipilih. Mulai dari yang lokal sampai impor.

Pilihan pelek kali ini kami fokuskan pada lingkar 12 inci, sesuai diameter pelek GD yang baru saja dirilis. Dengan lingkar tersebut, pelek-pelek ini cocok dipasang pada Vespa Primavera dan Sprint, berikut GTS.

Serta tak haram digunakan oleh Vespa LX dan S, meski harus dilakukan sedikit penyesuaia­n.

Simak pilihannya berikut ini.  •

GENOVA DESIGN

Sebagai pemain baru di aksesori Vespa, produsen lokal GD membuat gebrakan dengan meluncurka­n pelek limited edition. Hadir dalam dua tipe, Uno dan Turismo yang masing-masing hanya dibuat sebanyak 200 pasang.

Selain jumlah terbatas, dua tipe tadi khusus hanya untuk tahun 2021 saja. Sedangkan tahun depan sudah berganti model.

GD menggunaka­n material aluminium forged t6061 yang diproses dengan metode CNC, kemudian diberi finishing anodize, ukurannya 3,00 x 12 inci.

Harga pelek GD di angka Rp 17 juta. Untuk produk lokal memang terbilang tinggi. Namun, masih lebih terjangkau jika dibandingk­an dengan pelek impor berkualita­s serupa.

“Pasar Vespa berdasarka­n riset kami 70 persen dikuasai produk impor yang harganya 2 kali lipat dari produk kami,” ujar Yusuf Rizky, CEO GD.

Saat ini GD dapat diperoleh di 6 bengkel atau workshop spesialis Vespa di Jawa dan Bali. Seperti Boss Vespa, Boston Motoshop, Spesialis PX, Motofixed Jakarta, Vespamatic Station Bali dan lainnya.

ZELIONI

Merek Zelioni cukup disegani para pemilik Vespa. Andre Mendean, dari workshop bellissimo Scooter sebagai salah satu distributo­r Zelioni mengatakan bengkelnya menyediaka­n tiga model pelek Zelioni.

Ada model monoblok, jari-jari dan palang. Ketiganya dijual dalam warna hitam dan metal polish dengan banderol Rp 19 sampai Rp 25 juta.

HD CORSE MARU’S

Masih dari workshop bellissimo Scooter, Andre juga menawarkan pelek impor asal Taiwan, HD Corse. Ada tiga tipe pelek dengan rentang harga Rp 22 sampai Rp 25 juta sepasang. Pelek 12 inci ini dibuat menggunaka­n material aluminiu m forged dengan finishing cnc.

Mau yang lebih ekslusif? Ada merek Maru’s. Meski sedang agak turun pamor karena banyak replika yang beredar di pasaran, toh merek Maru’s tetap jadi top of the line dan dicari oleh penggemar hardcore vespa matik.

Ada dua tipe,

W125 dan W126.

“Maru’s start dari Rp 27 juta sepasang,” ujar Andre yang berlokasi di jl. Raya Ciater No.65 Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

VROSSI

Produsen pelek lokal, Velg Rossi alias Vrossi punya empat tipe pelek 12 inci dengan seri Venom. Ada tipe Tuscan, Monte, Alfa Quatrro dan Zeus. Punya spesifikas­i 3,00 x 12 inci untuk depan dan belakang. Warnanya ada Black,  Gold,  Grey,  Vanadium Silver dan arctic Silver.

Pelek Vrossi untuk Vespa dibuat dengan metode casting, sehingga harganya bisa terjangkau. Kisaran harga mulai dari Rp 1.850.000 sampai Rp 1.900.000. Dapat digunakan oleh varian Sprint, Primavera dan GTS.

Dengan harga terjangkau, cocok bagi pemula dan pelajar yang baru mulai main Vespa matik atau dengan budget terbatas. Apabila tertarik dapat menyambang­i showroom mereka di Jl. Lapangan Bola No. 06 A-B, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

PELEK OEM

Selain aftermarke­t, rupanya masih ada pilihan pelek 12 inci OEM dari pabrikan yang dapat Anda pilih. Pertama bisa menggunaka­n pelek copotan Piaggio MP3 ring 12 dan 13 inci. Dijual sepasang Rp. 7,5 juta oleh Bellissimo.

Selanjut ada pelek yang diambil dari Vespa edisi spesial, Primavera Yacht Club. Pelek ini punya pola yang sama dengan Primavera standar, tapi menggunaka­n warna biru tua atau satin Blue yang menarik. Pelek ini dibanderol Rp 4,95 juta sepasang.

 ?? ISTIMEWA ?? Vrossi menyediaka­n empat pilihan pelek 12 inci untuk Vespa dengan banderol terjangkau
ISTIMEWA Vrossi menyediaka­n empat pilihan pelek 12 inci untuk Vespa dengan banderol terjangkau
 ?? FOTO: RANGGA ?? Zelioni punya tiga pilihan pelek 12 inci dengan desain ekslusif
FOTO: RANGGA Zelioni punya tiga pilihan pelek 12 inci dengan desain ekslusif
 ?? ISAL-GRIDOTO ?? Maru’s punya banderol cukup fantastis, tapi tetap dicari penggemar Vespa
ISAL-GRIDOTO Maru’s punya banderol cukup fantastis, tapi tetap dicari penggemar Vespa
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ?? Genova Design tipe Uno punya desain honeycomb seperti sarang lebah
Genova Design tipe Uno punya desain honeycomb seperti sarang lebah
 ?? ?? Genova Design tipe Turismo dengan desain multi-spoke
Genova Design tipe Turismo dengan desain multi-spoke

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia