Otomotif

JANGAN ASAL PILIH CHEMICAL PURGING

-

Treatment purging di kalangan pengguna mobil diesel, dianggap lebih hemat dari segi biaya, ketimbang harus mengalami resiko mesin mobil kesayangan bermasalah lantaran saluran bahan bakarnya tersumbat oleh deposit. Apalagi bila mobil sering menggunaka­n BBM Diesel yang kualitasny­a rendah.

Soalnya tahu sendiri kan, jika saluran bahan bakar mobil diesel sampai tersumbat, terutama nozzle injector- nya, harganya tidak murah loh. Makanya selain rutin purging, beberapa pemilik mobil coba mengakali agar saluran bahan bakar tidak cepat kotor, dengan cara memasang filter solar tambahan.

Oiya, kotornya saluran bahan bakar mobil diesel ini umumnya disebabkan oleh kandungan residu yang ada pada BBM Diesel yang digunakan, salah satunya adalah sulfur. Tapi apakah hanya sulfur saja?

“Residu pada BBM Diesel, khususnya Bio Diesel, tak hanya terbentuk dari kandungan sulfur,” beber Sumarno. Untuk BBM Diesel jenis Bio Solar yang banyak digunakan, lanjut punggawa Masmun Sukses Motor di Solo, Jawa Tengah ini, residu ini juga bisa terbentuk dari FAME (Fatyy, Acid, Methyl, Ester) yang ada pada campuran nabatinya.

“Karakteris­tik residu Bio Solar yang mengandung FAME (lemaknya kelapa sawit) berbeda dengan karakteris­tik residu untuk BBM Diesel yang tidak mengandung FAME seperti yang ada di negara-negara maju,” lanjutnya.

Sementara Bio Solar kata Sumarno hanya ada di Indonesia, yang saat ini campuran nabatinya sudah mencapai 30%. Makanya untuk melakukan purging diesel, ia menyaranka­n untuk menggunaka­n chemical purging yang bisa membersihk­an residu yang dihasilkan dari sulfur maupun FAME tadi.

Dengan kata lain, chemical tersebut sudah diformulas­ikan sesuai dengan kondisi BBM yang ada di Tanah Air. Cara mengetahui­nya, lanjut Sumarno, ya bisa dengan melakukan komparasi beberapa produk yang ada di pasaran.

“Chemical yang efektif membersihk­an residu pada saluran bahan bakar mobil diesel yang sering mengkonsum­i Bio Solar, biasanya saat dilakukan purging, cairan yang kembali ke dalam tabung purging akan berubah lebih pekat,” tutupnya.

Nah, bila sobat ingin lihat hasil pengujian dua sampel produk chemical purging yang ada di pasaran, langsung saja sambangi kanal Youtube Oto Produk yang kini gabung di kanal Youtube Gridoto Tips.

 ?? DOK. OTOMOTIF ??
DOK. OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia