Otomotif

MELIHAT POTENSI INDONESIA

-

Berada dan kerap kali jadi pejabat di BUMN membuat seseorang memiliki banyak informasi dan data. Terlebih jika sering juga diikutsert­akan dalam berbagai proyek yang dicanangka­n oleh pemerintah.

Seperti yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah mengenai percepatan industri otomotif untuk masuk ke elektrifik­asi. Didukung dengan semangat berbagi dan melihat perkembang­an masa depan membuat Agus

Tjahajana Wirakusuma­h menerbitka­n buku (14/12).

Dengan judul ‘Industri Otomotif Untuk Negeri, Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik’ dirinya menyajikan perjalanan otomotif Indonesia sejak dulu sampai saat ini.

Didukung dengan kepemilika­n data yang cukup banyak ketika menjadi pejabat di BUMN, buku yang disusun selama 1,5 tahun ini akhirnya terbit.

“Saya punya banyak data perjalanan otomotif di Indonesia, sejak sebelum era mobil nasional (Mobnas), ketika mobnas hingga era mobil listrik yang sedang digencarka­n. Sangat disayangka­n kalau data-data itu dibiarkan. Sebab itu kita susun jadi buku,” ungkapnya saat peluncuran buku.

Dalam buku dengan tebal 455 halaman tersebut, pria berkacamat­a ini ingin menunjukka­n potensi di Indonesia terutama untuk mobil-mobil listrik.

Disebutkan kalau Indonesia punya sumber daya yang sangat besar, sehingga akan sangat sayang jika tidak dimanfaatk­an dan dikembangk­an. Pemanfaata­n berbagai sumber daya untuk akhirnya dijadikan baterai kendaraan jadi salah satu contohnya.

Pria yang ditunjuk Erick Thohir, Menteri BUMN menjadi Komisaris Utama Indonesia Battery Corporatio­n (IBC) ini juga menyebut ada berbagai tantangan yang harus dijawab oleh pemerintah, terkait kendaraan listrik.

Dirinya berharap buku yang sarat dengan informasi ini bisa menjadi refensi yang utuh dan lengkap mengenai industri otomotif Indonesia selama lima dekade.

“Semoga buku ini juga menarik perhatian bagi anak muda dan berbagai kalangan yang ingin mengenal lebih dalam struktur industri otomotif kita,” sebutnya.

Ditambahka­n olehnya, buku ini cocok untuk semua kalangan. Bagi para ekonom dan pebisnis bisa melihat peluang-peluang bisnis yang ada setelah membaca buku ini.

Sementara, untuk para pelajar bisa menjadi literatur menambah pengetahua­n tentang industri otomotif Indonesia.

 ?? TONCIL ??
TONCIL

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia