Otomotif

PILIH GREAT COROLLA ATAU CIVIC FERIO?

BINGUNG ANTARA R15M DAN R15

- konsultasi.r4@gmail.com

Salam Otomotif Bang Andhika. Saya ada rencana untuk membeli mobil sedan ‘90-an. Saat ini ada dua merek yang ada dalam bidikan, yaitu Toyota Great Corolla dan Honda Civic Ferio.

Mohon saya bisa diberi informasi komparasi kedua mobil tersebut dari sisi performanc­e- nya, maintenanc­e, operationa­l cost/ BBM, dan pajak. Serta mana yang lebih baik Automatic atau Manual? Terima kasih! Eddy Taufiq - via email

Hai Mas Eddy, salam otomotif dan salam kenal juga dari kami. Wah, bidikan Anda itu termasuk jajaran sedan yang hits di zamannya, keren! Oke, langsung saja kalau secara performa, Corolla generasi ke-7 yang sering dipanggil “Greco” ini untuk yang bermesin 4A-FE 1.600 cc, DOHC 16 katup, punya tenaga maksimum di 115 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 147 Nm di 4.700 rpm.

Sementara Honda Civic Ferio yang merupakan Civic pertama yang dijejali teknologi katup Variable Valve Timing and Lift Electronic ( VTEC), punya tenaga maksimum 125 dk di 6.400 rpm, dan torsinya lebih tinggi 1 Nm dari Greco, yakni di angka 148 Nm di 5.500 rpm. Walaupun mesin berkode D16Y5 4 silinder 1.600 cc yang digunakann­ya masih SOHC.

Jadi secara performa mesin, di atas kertas masih lebih unggul Civic Ferio. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya dari hasil tes yang pernah kami lakukan pada Toyota Great Corolla saat mobil ini baru dirilis, ada di kisaran 9 km/liter untuk pemakaian dalam kota. Sedangkan Civic Ferio sedikit lebih irit, yakni di kisan 9,3 km/liter.

Lalu soal maintenanc­e, jika ingin meminang Civic Ferio, perhatikan kondisi kakikakiny­a seperti sokbreker, ball joint, tie-rod, cross joint, hingga rack steer. Karena penyakit khas sedan Honda ini ada bagian tersebut.

Lalu untuk transmisi, jika pemakaian lebih sering di dalam kota yang banyak macetnya, matik bisa jadi solusi yang tepat. Tenang saja, transmisi matik kedua sedan ini cukup responsif dan bisa diandalkan kok. Namun pada Civic Ferio, pastikan perpindaha­n matiknya bekerja dengan halus tanpa entakan, khususnya dari gigi 1 ke 2. Karena biaya perbaikan transmisi matik ini tidak murah loh.

Sedangkan penyakit khas Greco menurut beberapa penggunany­a, ada pada seal atas dan bawah rack power steering yang cepat kalah. Kemudian perhatikan juga tie rod end dan long tie rod- nya, juga engine mounting sebelah kanan, kiri, dan belakang.

Namun yang jadi unggulan Greco ini ketersedia­an spare part- nya lumayan bejibun, mulai dari part ori hingga KW, dan harganya relatif lebih murah dibanding Civic Ferio. Tinggal pilih deh mana yang jadi fokus Anda, Bang mohon sarannya, lagi galau nih milih antara R15M apa R15. Pengin banget R15M yang punya Quick Shifter, tapi secara harga selisihnya kan lumayan. Atau apa bisa R15 biasa ditambah Quick Shifter? Randy – Depok, Jawa Barat

Halo Randy, selisih harga antara All New R15M Connected-abs dan All New R15 Connected memang lumayan banyak, antara Rp 43,5 juta dan Rp 38,9 juta, selisihnya Rp 4,6 juta sendiri.

Tapi, beda segitu memang mendapat fitur yang lebih komplet, selain dari beda livery tentunya. Paling bikin selisih banyak harganya tentu dari adanya sistem ABS berikut TCS yang ada di R15M.

Dan juga di R15M mendapat spidometer baru yang lebih besar dan punya 2 pilihan tampilan, Street dan Track Mode. Menyusul kemudian tentu di R15M standarnya sudah dilengkapi dengan Quick Shifter (QS).

Tapi, kalau dari sederet fitur di atas yang lebih dipentingk­an adalah QS, maka tak ada salahnya cukup ambil yang R15. Mengapa? Karena R15 bisa ditambahka­n QS dengan harga yang relatif terjangkau, cuma Rp 525 ribu! Pemasangan­nya pun ternyata mudah, karena di kabel bodi sudah tersedia soketnya, plug and play gitu lah. Di spidometer pun sudah ada logo QS. Yang mana akan menyala setiap QS siap dioperasik­an. Asyik kan!

Gitu Randy, semoga enggak galau lagi ya!

 ?? ?? FARIZ
FARIZ
 ?? ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia