Otomotif

BENTUK KEJAHATAN

Abai Terhadap Korban Laka Lantas

-

Selain keterampil­an, mengemudi di jalan raya juga perlu tanggung jawab. Apalagi ketika melihat atau terlibat kecelakaan lalu lintas.

Tak jarang terdengar berita pengendara mobil atau motor yang kabur setelah terlibat kecelakaan dengan pengendara lain atau bahkan pejalan kaki. Ada juga yang abai terhadap korban laka lantas dengan tidak memberikan pertolonga­n.

Seperti kejadian beberapa waktu lalu. Ketika itu seorang polisi dari Satuan Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengabaika­n korban tabrak lari.

Dalam video di media sosial tersebut, tampak mobil polisi PJR hanya melintas di samping korban tabrak lari berinisial NU (19) yang tergeletak di jalan. Alih-alih berhenti untuk memberikan pertolonga­n.

Kombes Polisi Ade Indrawan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel mengatakan, personel polisi yang terekam dalam video amatir itu telah dibebastug­askan dari fungsi lalu lintas dan sedang dalam pemeriksaa­n Provost Polda Sulsel untuk dilakukan sidang disiplin karena tidak mengambil tindakan mendahuluk­an dengan menolong korban.

Ade menambahka­n, polisi tersebut beralasan sedang terburu-buru karena ditunggu anggota Satuan PJR Ditlantas Polda Sulsel di Kabupaten Sinjai.

Ini karena mobil yang dibawa polisi berpangkat Aiptu disebut akan dipakai untuk pengawalan ke Kota Makassar. Sebab mobil dinas Satuan PJR lainnya yang digunakan sedang rusak dan berada di bengkel.

“Polisi seharusnya senantiasa hadir jika terjadi kecelakaan lalu lintas dan melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas, mendatangi tempat kejadian dengan segera menolong korban dan melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara,” tutur dia.

DASAR HUKUM DAN SANKSI

Budiyanto, Pemerhati Masalah Transporta­si dan Hukum mengatakan, pengemudi kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas, kemudian tidak menghentik­an kendaraan, dan

 ?? DOK. OTOMOTIF ??
DOK. OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia