Otomotif

KONEKSI BLUETOOTH VIOS AGAK LAMBAT

- konsultasi.r4@gmail.com ASUHAN: ANDHIKA

Selamat pagi & Selamat Natal, meskipun agak telat, hehehe..

1. Saya pernah nyambungin Bluetooth dari HP saya ke head unit mobil sepupu saya, dengan maksud untuk dengerin musik di Spotify di HP saya. Tapi, terdapat jeda sekitar 3-4 detik antara saya tap tombol play/pause di Spotify HP saya dengan Bluetooth di head unit mobil. Menurut anda, normalkah hal seperti itu? Atau, ada masalah? Kebetulan, mobil sepupu saya, Toyota Vios G 2015 Manual, tanpa fitur Spotify Connect di head unit-nya.

2. Berapa kisaran harga head unit dengan fitur Spotify Connect di Indonesia, dari yang termurah sampai yang paling mahal?

3. Kita sama-sama tahu bahwa fitur ADAS sudah merambah ke hampir semua merek mobil di Indonesia, kayak Daihatsu dengan ASA, Honda dengan Honda Sensing, MG dengan i-smart, Toyota dengan TSS s/d Wuling dengan WISE, termasuk dengan kemampuan dari fitur tersebut di jalanan.

Masalahnya, di negara kita, terdapat 2 musim: musim cerah & hujan. Pertanyaan saya, pernahkah tim tester menguji fitur tersebut di kondisi hujan? Bagaimana kemampuann­ya?

Mohon maaf kalau pertanyaan saya kali ini sangat panjang. Terima kasih!

Louis Albert - via email

Selamat pagi juga Bung Albert. Oke, langsung saja, mengenai permasalah­an koneksi Bluetooth yang ada jeda di Toyota Vios saudara Anda, kemungkina­n ada dua. Yakni ada ganguan pada signal Bluetooth pada ponsel Anda, atau pada head unit- nya. Saran kami sebaiknya gunakan kabel bila ingin koneksinya lebih lancar.

Lalu soal harga head unit dengan fitur Spotify Connect ini sangat beragam, ada yang mulai Rp 1,5 jutaan hingga di atas Rp 10 jutaan. Tergantung merek dan tipenya. Tapi biasanya ada harga ada kualitas, alias makin mahal fiturnya makin lengkap dan kualitas suara makin bagus.

Terakhir untuk fitur pengendali­an canggih macam ADAS, TSS, Honda Sensing, i-smart, WISE dan sebaginya, tentu pernah kami jajal saat kondisi hujan. Secara kinerja fitur-fitur tersebut tidak ada kendala ketika dioperasik­an dalam cuaca hujan.

Namun mesti diwaspadai adalah bila permukaan jalan terendam air, karena ada fitur yang berfungsi membaca marka jalan seperti Lane Keep Assist.

Ketika marka jalan terendam air sampai garisnya tak terlihat jelas, dikhawatir­kan pembacaan sensornya tidak maksimal, sehingga fitur tidak berfungsi sebagaiman­a mestinya.

 ?? ?? OTOMOTIF DOK.
OTOMOTIF DOK.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia