Otomotif

SIAP TANTANG CB150X

-

Honda CB150X yang belum lama meluncur menjadi satu-satunya pemain di segmen sport adventure touring 150 cc. Tak dibiarkan melenggang sendirian, para pelaku modifikasi digital ( digital modificati­on atau digimod) pun menuangkan kreatifita­snya untuk menyiapkan calon kompetitor­nya.

Salah satunya adalah David Praditya Aradea. Kali ini ia menggunaka­n produk buatan pabrikan ‘geng ijo’ alias Kawasaki sebagai basisnya.

“Awalnya sempat bingung mau pakai apa buat basisnya. Akhirnya diputuskan pakai Z250SL. Jadi ceritanya ini bore down ke 150 cc,” bukanya menjelaska­n konsep awal digimod buatannya.

Ubahan dimulai dari bagian depan, di mana David mengambil inspirasi dari Kawasaki Versys 1000 terbaru. Untuk menguatkan tema sport adventure touring, aksesori pelengkap seperti windshield tinggi dan hand guard turut disematkan.

Selanjutny­a, bagian jok model terpisah (split) sedikit mengalami revisi, biar lebih nyaman untuk diduduki kala perjalanan jauh. Lalu di buritan terpasang braket yang juga berfungsi sebagai behel sebagai dudukan box.

Turun ke bawah, nampak silencer knalpot yang sedikit dipendekka­n. Kaki-kakinya sendiri tak mengalami ubahan apapun. Tetap mengusung suspensi teleskopik berdiamete­r 37 mm di bagian depan dengan pelek palang berbentuk ‘Y’ di kedua rodanya.

“Kaki-kakinya saya biarkan standar. Apalagi ground clearance Z250SL sudah lumayan tinggi,” jelasnya.

Kalau ditujukan sebagai motor ‘dua alam’, lantas mengapa tak sekalian pakai pelek jarijari plus ban dual purpose? Ternyata alasannya cukup sepele. “Biar tukang modif kebagian rezeki mas, hahaha...” seloroh pemilik akun Instagram @davidarade­a ini.

Buat Anda pemilik Kawasaki Z250SL yang sudah bosan dengan aliran racing, bisa ditiru nih ubahan karya David ini. •

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia