Otomotif

PASANG LAMPU TEMBAK, HIGH BEAM TANPA RELAY

- konsultasi.r4@gmail.com ASUHAN: ANDHIKA

Om Andhika.. Ada yang mau saya tanyakan. Saya sudah pasang lampu tembak laser yang memakai 3 kabel, dimana untuk lampu low beam- nya sudah saya pasangi relay. Tetapi untuk yang high beam- nya saya sambung langsung ke kabel positif lampu high beam bawaan mobilnya. Apakah diperboleh­kan om?

Mohon infonya, terima kasih sebelumnya! Budi Herlambang - Via Email

Hai Mas Budi, salam kenal ya dari kami. Soal pemasangan aksesori kelistrika­n seperti lampu tembak laser yang Anda gunakan itu, ada baiknya menggunaka­n relay. Baik untuk lampu dekat ( low beam) maupun jauh ( high beam). Apalagi bila daya lampunya lebih besar dari lampu bawaan mobil.

Pasalnya, bila mengambil jalur kelistrika­n dari lampu bawaan, dikhawatir­kan akan membuat sistem kelistrika­n mobil jadi tidak stabil. Akibatnya arus listrik tersedot oleh aksesori kelistrika­n yang ditambahka­n itu.

Pemakaian relay tersebut juga bertujuan agar arus yang diteruskan ke lampu tambahan tadi jadi lebih kuat. Karena langsung mengambil setrum dari aki. Sehingga pencahayaa­n lampu tambahan tersebut akan lebih maksimal.

Sementara jalur setrum bawaan mobil untuk lampu utama bawaan, baik yang low maupun high beam, hanya digunakan sebagai pengaktif relay. Sehingga ketika lampu tambahan tadi dinyalakan, tidak banyak mempengaru­hi sistem kelitrikan mobil.

Dan yang terpenting adalah biasanya pemakaian relay ini ada tambahan sekring pengaman. Tujuannya agar bila sewaktu-waktu terjadi korsleting pada aksesori kelistrika­n yang digunakan, sistem kelistrika­n mobil tetap aman.

 ?? OTOMOTIF DOK. ??
OTOMOTIF DOK.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia