Otomotif

AGAR KABIN TETAP NYAMAN & SEHAT

-

Memulai awal tahun, biasanya punya harapan ingin lebih sehat. Nah bagi pemilik mobil, kondisi kabin yang sehat juga ada baiknya selalu dijaga. Salah satu yang bikin sehat tentu kebersihan AC.

Sistem AC sebenarnya jadi salah satu yang vital, karena sepanjang perjalanan di mobil kita menghirup udara dengan sirkulasi dari AC, makanya butuh perawatan.

“Kualitas kerja AC yang baik dan awet, tak lepas dari perawatan berkala. Lantaran kurang diperhatik­an, menyebabka­n sistem AC bisa terganggu, walaupun yang rusak atau bermasalah dari satu komponen saja,” kata Susanto dari bengkel Coolkars Denso, Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Menurutnya ada paket yang disebut AC Care, yaitu paket perawatan ringan yang terdiri dari penggantia­n filter kabin, pencucian evaporator menggunaka­n borescope, dan juga penghilang bau tak sedap menggunaka­n Denso Cleverin.

“Jadi prosesnya simpel, tanpa bongkar sistem AC keseluruha­n, namun begitu pengecekan AC seperti kondisi freon tetap dilakukan,” kata Susanto lagi.

Dari tiga menu perawatan ringan, ritual penggantia­n filter kabin sudah biasa dilakukan. Yang kedua adalah pencucian evaporator menggunaka­n borescope.

Caranya dengan melepas tutup laci depan, bagian filter kabin serta motor blower beserta soketnya. Evaporator ada di belakang dasbor. Melalui lubang blower, selang angin yang terkoneksi dengan borescope ditujukan ke bagian evaporator untuk pembersiha­n.

Borescope yang bertugas mirip kamera, memungkink­an dan efektif untuk melihat bagian evaporator yang kotor dan siap untuk dibersihka­n.

Langkah ketiga adalah menghilang­kan bau tak sedap (makanan atau asap rokok) dan mengembali­kan aroma segar dan nyaman dengan Cleverin.

Cleverin yang berbentuk cartridge, dipatahkan setengah (dipotek) lantas dimasukkan dalam sejenis generator mungil untuk menyemburk­an zat cleverin ke seluruh kabin.

Generator mungil lantas diaktifkan selama 15 menit dalam kabin tertutup, dan kondisi AC mati. Setelah 15 menit, keluarkan generator, lalu nyalakan blower (kipas) AC dan tunggu selama 5 menit. Kemudian, buka semua jendela dan tunggu selama 15 menit untuk mendapatka­n hasil yang maksimal.z

Untuk proses perawatan ringan AC di Coolkars seperti yang sudah disebut di atas, jasanya dihargai sekitar Rp 330 ribu. “Pengerjaan total sekitar satu jam saja,” terang Susanto.

Nah selain paket AC Care, ada beberapa paket yang biasa ditawarkan sebagai berikut. Yang paling simpel dan paling banyak dilakukan adalah pengecekan dan penggantia­n refrigeran­t

(freon), pengecekan vakum serta penggantia­n oli kompresor. Paket ini dihargai Rp 275 ribu.

Berikutnya paket Flushing Service. Proses kuras ini meliputi pembersiha­n saluran sirkulasi, penggantia­n oli kompresor dan penggantia­n refrigeran­t. Tujuannya jelas, agar kinerja sistem internal AC tetap terjaga. Harganya sekitar Rp 600 ribu dengan waktu pengerjaan 1,5 jam. Servis ini disarankan dilakukan setiap setahun sekali.

Terakhir adalah Heavy Service. Yakni servis menyeluruh mulai dari penggantia­n filter AC kabin, pembersiha­n blower depan, pengecekan vakum, tambal oli dan refrigeran­t, penggantia­n dryer, kondensor, ditambah penggantia­n expansion valve depan dan belakang, serta pembersiha­n evaporator.

“Heavy Service dilakukan untuk mengembali­kan performa AC nya supaya seperti mobil baru lagi,” tutup Susanto sembari kasih tau biaya paket ini di kisaran Rp 1,2 – 1,5 juta, dengan proses servis sekitar 3 jam. Disarankan dilakukan rutin 2 tahun sekali. •

 ?? FOTO: DOK.OTOMOTIF ??
FOTO: DOK.OTOMOTIF
 ?? ?? Borescope tugasnya mengintip bagian evaporator yang kotor
Cleverin dari Denso, fungsinya mengembali­kan aroma segar dan nyaman dalam kabin
Borescope tugasnya mengintip bagian evaporator yang kotor Cleverin dari Denso, fungsinya mengembali­kan aroma segar dan nyaman dalam kabin
 ?? ?? Bersihkan evaporator dengan bantuan borescope
Bersihkan evaporator dengan bantuan borescope
 ?? ?? Filter kabin
Filter kabin

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia