Otomotif

INDONESIA- BELARUSIA, JAJAKI KERJA SAMA

-

Indonesia dan Belarusia terus berupaya melakukan kerja sama yang komprehens­if di sektor industri guna meningkatk­an perekonomi­an kedua negara. Langkah sinergi tersebut akan diwujudkan melalui penandatan­ganan Letter of Intent

(LOI), antara Kementeria­n Perindustr­ian RI dengan Kementeria­n Perindustr­ian Belarusia.

Hal ini diungkap Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayah­an dan Akses Industri Internasio­nal (KPAII), Eko S.A. Cahyanto. “Beberapa waktu lalu, kami telah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Belarusia untuk membahas tindak lanjut penandatan­gan LOI kerja sama industri Indonesia-belarusia,” sebut Eko (20/1).

Dirjen KPAII menjelaska­n, pihaknya tengah menghimpun masukan dari seluruh unit di lingkungan Kemenperin RI. Yakni dalam rangka memperbaru­i, serta memfinalis­asi konsep LOI kerangka kerja sama industri Indonesia-belarusia.

“Pada Februari nanti, kami akan kembali melakukan pertemuan bilateral dengan Belarusia. Semoga tahun ini, kerja sama kedua negara untuk memajukan sektor industri dapat terealisas­i,” tuturnya.

Adapun sejumlah sektor yang akan dijalin kerja samanya, antara lain industri komponen otomotif, kimia hulu, dan agro. Potensi kerja sama yang sedang dipacu, yaitu kolaborasi antara pelaku industri komponen otomotif Indonesia dengan Minsk Automobile Plant (MAZ). “MAZ berencana untuk menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan komponen otomotif di wilayah ASEAN,” imbuh Eko.

Pihaknya berharap, Indonesia menjadi salah satu negara yang dibidik, karena memiliki potensi pasar yang besar, dan kemampuan industri komponen yang berdaya saing. Kerja sama yang bakal disasar MAZ adalah untuk mendukung tahap pertama produksi delapan model kendaraan yang mereka produksi.

Diantarany­a truk sampah berukuran besar dan kecil, truk roda lima untuk kebutuhan pelabuhan, long wheelbase truck, serta sasis untuk kendaraan khusus.

Selain itu, BUMN Belarusia BATE OJSC, juga sedang mencari mitra potensial untuk impor beberapa produk komponen otomotif, termasuk mitra asal Indonesia.

BATE OJSC adalah perusahaan yang memiliki spesialisa­si pada desain serta pembuatan starter dan alternator. Terutama untuk mesin truk dan mobil penumpang, bus, mesin pertanian dan mesin untuk tujuan khusus.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia