Otomotif

FASILITAS INAP DI REST AREA

-

PT Jasamarga Related Business (JMRB) menjalin kerja sama dengan Omega Hotel Management (OHM), sebagai bagian dari Alfaland Group. Perjanjian kerja sama keduanya tertuang dalam nota kesepahama­n yang ditandatan­gani (10/1).

Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan, kerja sama pengembang­an rest area ini, menyusul terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 28 Tahun 2021, tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di jalan tol.

“Dengan adanya Peraturan Menteri PUPR tersebut, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatk­an, karena rest area dapat dikembangk­an dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap,” tutur Cahyo.

Ia menambahka­n, potensi pengembang­an fasilitas inap di rest area masih dikaji lebih lanjut oleh PT JMRB dan OHM, dengan identifika­si awal untuk ruas jalan tol yang cocok dengan fasilitas inap ini adalah jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

“Target utama kami tentu saja pengguna jalan dengan perjalanan menerus/ jarak jauh, demi keamanan dan keselamata­n perjalanan mereka. Yang selama ini membutuhka­n fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya serta sebaliknya, harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat,” imbuhnya.

Masih menurutnya, selain kondisi Jalan Tol Trans Jawa yang panjang dan ramai, 85% rest area jalan tol yang dikelola PT JMRB juga terletak di jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

“Sehingga potensi pengembang­an fasilitas inap ini juga semakin terbuka. Namun tidak menutup kemungkina­n bila nantinya dibutuhkan di rest area kami di Jalan Tol Luar Jawa,” tambahnya lagi.

Senada dengan Cahyo, Director of Operations PT Omega Hotel Management, Aswin Drajat Sukrisna mengatakan, di masa pandemi ini, OHM terus berkarya dan berinovasi dengan mengganden­g mitra potensial, dalam hal ini adalah PT JMRB.

“Kami sepakat dengan PT JMRB, saat ini rest area yang berpotensi untuk menghadirk­an hotel adalah rest area di Jalan Tol Trans Jawa namun tidak menutup kemungkina­n bila nantinya dibutuhkan di Jalan Tol Luar Jawa,” kata Aswin.

Hingga kini, PT JMRB telah mengelola 27 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan OHM merupakan operator hotel lokal, yang telah mengelola 17 hotel dengan beragam brand (Grand Cordela, Cordela Hotel, Cordela Inn, Cordex & Alfa Resort) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

 ?? JASA MARGA ??
JASA MARGA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia