Otomotif

BENAR KAH CVT OVERHEAT?

-

Masih ingat kasus mobil DFSK Glory 580 yang digugat beberapa pemiliknya gara-gara tak kuat nanjak? Nah, ternyata masalah mobil bertransmi­si CVT gak kuat nanjak ini juga terjadi pada merek lain.

Seperti yang baru-baru ini diunggah akun Instagram @Ije.raize saat ia coba mendaki kawasan Candi Cheto, Jawa Tengah, menggunaka­n Toyota Raize 1.0 Turbo CVT GR Sport.

Dalam postingann­ya tersebut yang disertakan video kondisi waktu mendaki di kawasan Candi Cheto, ia memaparkan bahwa compact SUV Toyota ini berisikan 2 cowok, 2 cewek dan 1 anak kecil, serta bahan bakar menggunaka­n Pertabo (Pertamax Turbo).

Namun beberapa kali mobil tersebut seperti tak kuat mendaki, sehingga harus berhenti dan mesin harus direstart. Sudah ia coba beberapa kondisi, baik posisi transmisi di D, S, hingga menggunaka­n model manual di M1 dan fitur VSC ( Vehicle Stability Control) dihidupkan, tetap saja mobil ngos-ngosan dipakai mendaki.

“Rev di torque max, gak kuat juga. Engine restart gak bisa juga, pas start lagi agak susah hidup,” tulisnya. Lalu dicoba penumpang turun semua, baru bisa naik dengan susah payah.

Uniknya setelah ia parkir lama sampai mesin dingin, dan coba naik ke atas lagi, malah enteng larinya. “Help @toyotaid”, tulisnya lagi.

Ia juga mengatakan bahwa info yang ia dapat dari Kabeng (Kepala Bengkel) Sinarmas Tasik, kendala ini sudah diangkat ke pusat. “Disertai laporan gak kuat juga dari berbagai daerah, dia sudah bawa Raize lain ke Galunggung dan mengalami hal serupa, hipotesa dia karena CVT overheat, kalau dingin kuat,” tulis akun @ije.raize lagi di kolom deskripsi postingann­ya tersebut.

Nah, ternyata kendala yang dialami akun IG @ ije.raize ini juga dialami oleh pemilik akun Facebook bernama Gress Bora. Namun kali ini menggunaka­n saudara kembarnya Raize, yakni Daihatsu Rocky 1.0 CVT ASA yang mesinnya sama-sama berkode 1KR-VET 1.000 cc turbo.

Gress Bora memposting video Rocky 1.0 CVT ASA miliknya tak kuat nanjak di kawasan Mahdi, Bandung, Jawa Barat, di grup komunitas Raize-rocky Indonesia (RRI). Ia juga menyertaka­n deskripsi kronologi compact SUV miliknya tersebut tak kuat melibas tanjakan Mahdi tersebut. Berikut isi deskripnya;

“Nyerah sama tanjakan di Bandung, ga kuat boss.. diasepin sama Calya :)). Rocky 1.0 Turbo. Pertamax, isi 2 orang dewasa, mode manual M1, mode power on, dan AC OFF.

Lokasi : Tanjakan Mahdi https://goo.gl/maps/ixlm52nfsd­l3ipg58

Start nanjak dari bojongkone­ng bawah kira2 4,5 km sampai titik ini, kontur menanjak dan jarang jalan datar, apalagi jalan turunan, tidak ada.

Siapa tau para pemilik Rocky/raize Bandung penasaran pengen coba lokasi ada di link, ga jauh dari kota kok.

Sering lewat sini pake GK5 (Honda Jazz) sama Avanza, full load, no trouble. ini mesin turbo CVT kaga kuat, kok ISOOOOOO?!

Dan jadi tontonan warga sekitar krna tdk kuat nanjak akhirnya puter balik. Malu brooo :))))))”

Kontan saja postingann­ya tersebut mendapat beragam komentar dari warganet grup komunitas tersebut. “Ini sama dengan kasus Veloz yang ndak kuat naik tanjakan curam dengan 7

 ?? FOTO: R&D ADM ?? Salah satu pengguna Raize 1.0 Turbo GR Sport dan Rocky 1.0 Turbo CVT ASA memposting pengalaman tidak kuat nanjak di kawasan Candi Cheto, Jawa Tengah (kiri) dan tanjakan Mahdi, Bandung (kanan)
FOTO: R&D ADM Salah satu pengguna Raize 1.0 Turbo GR Sport dan Rocky 1.0 Turbo CVT ASA memposting pengalaman tidak kuat nanjak di kawasan Candi Cheto, Jawa Tengah (kiri) dan tanjakan Mahdi, Bandung (kanan)
 ?? SUMBER : ADM ??
SUMBER : ADM
 ?? ?? Hasil uji di dago giri kemiringan 18 derajat
Hasil uji di dago giri kemiringan 18 derajat
 ?? ?? Full load uji test tim R&D ADM adalah (5 orang x 65kg ) + 50 kg barang bawaan
Full load uji test tim R&D ADM adalah (5 orang x 65kg ) + 50 kg barang bawaan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia