Otomotif

PELUANG INDONESIA JADI PEMAIN KUNCI

-

Optimistis­me Indonesia jadi pemain kunci di industri kendaraan elektrifik­asi tentu patut didukung. Sebab, industri otomotif tanah air akan menjadi pemain penting dalam rantai pasok dunia ( global supply chain), termasuk memproduks­i mobil listrik.

Apalagi, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembang­an ekosistem kendaraan listrik.

“Kami optimis Indonesia bisa menjadi produsen kendaraan dengan emisi karbon rendah dan ramah lingkungan yang berdaya saing global. Untuk itu, perlu langkah akselerasi membangun ekosistemn­ya yang kuat dan terintegra­si,” tegas Agus Gumiwang Kartasasmi­ta, Menteri Perindustr­ian beberapa waktu lalu.

Menperin mengemukak­an, pemerintah semakin serius mengembang­kan ekosistem industri kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Salah satu caranya adalah melalui peningkata­n investasi untuk memperkuat struktur manufaktur di dalam negeri.

“Sudah banyak investor yang mengajukan proposal ingin berkontrib­usi dalam pengembang­an ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Misalnya ada industri yang ingin memproduks­i baterainya, termasuk dari sektor otomotif,” ungkapnya.

Pemerintah juga fokus menjalanka­n kebijakan hilirisasi guna meningkatk­an nilai tambah sumber daya mineral di Indonesia. Hal ini bertujuan pada kesejahter­aan masyarakat dan berdampak luas bagi perekonomi­an nasional. Antara lain tambahnya penerimaan devisa dan penyerapan tenaga kerja.

“Seperti disampaika­n oleh Bapak Presiden, kita punya nikel dan kobalt yang merupakan material penting untuk baterai lithium. Selain itu, bauksit yang bisa diolah menjadi aluminium dan kemudian dapat dimanfaatk­an untuk kerangka mobil listrik, serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel-kabel di mobil listrik. Potensipot­ensi ini yang perlu kita optimalkan ke depannya,” papar Agus. •

 ?? BPMI SETPRES (LAILY RACHEV) ??
BPMI SETPRES (LAILY RACHEV)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia