Otomotif

DIPSTICK OLI TRANSMISI MATIC S-CROSS TIDAK ADA? PERAWATAN MOTOR NON-MATIK

-

Salam sehat Mas Andhika. Kebetulan saya menggunaka­n Suzuki SX4 A/T 2009 dan Suzuki S-cross A/T 2019 yang cukup untuk memenuhi kebutuhan transporta­si saya.

Perbedaan yang saya lihat adalah kalau di SX4 lama, saya bisa cek kondisi dan ketinggian oli transmisi matiknya melalui tongkat ukur di ruang mesin. Tetapi untuk yang di S-cross, alat pantau tersebut tidak saya temukan.

Menurut saya alat pantau tersebut sangat berguna bagi kita pengguna untuk memonitor kondisi dan kecukupan oli transmisi matiknya.

Menurut Mas Andhika kenapa ya Suzuki India sebagai perakitnya tidak melengkapi alat monitor tersebut? Terima kasih.

Salam,

Hai Mas Hadi, salam sehat dan salam kenal dari kami. Mengenai transmisi matik Suzuki SX4 S-cross yang tidak dilengkapi dengan tongkat ukur atau dipstick olinya, pasti ada alasan tersendiri dari pabrikan.

Mungkin saja salah satunya untuk mengurangi cost produksi. Dan pastinya langkah meniadakan dipstick oli tranmisi matik tersebut sudah dilakukan trial and error terlebih dulu. Terutama soal perubahan volume oli ketika mobil digunakan hingga jarak tempuh yang direkomend­asikan untuk dilakukan penggantia­n oli matiknya.

Memang sih bagi sebagian orang akan lebih tenang rasanya bila dapat memeriksa sendiri kapasitas oli transmisi ketika diperlukan, yakni dengan mengecek dipstick olinya.

Namun jika tidak ada kebocoran pada transmisi dan oli matik yang digunakan sesuai standar pabrikan, rasanya akan aman-aman saja kapasitas oli matiknya sampai batas penggantia­n yang dianjurkan.

Jadi, pastikan saja bahwa transmisi matik S-cross Anda tidak ada kebocoran dan oli matiknya selalu diganti/dikuras tepat waktu, agar kinerjanya selalu fit.

 ?? ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia