Otomotif

CUKUP SATU RONDE SAJA

-

Dua tahun sudah kompetisi garuk tanah, MXGP tidak singgah ke Indonesia karena terhalang pandemi Covid-19. Setelah semuanya mereda dan urusan kunjungan internasio­nal jauh lebih mudah, MXGP Indonesia kembali diselengga­rakan.

Hanya saja ada beberapa perbedaan yang akan diselengga­rakan tahun ini. Promotor lokal yang semula Lightning Production kini dipegang oleh Sport Talenta Indonesia (STI). Pun dengan promotor global kini berpindah dari Youthstrea­m sekarang MXGP ditangani Infront Moto Racing.

Untungnya tidak ada masalah mengenai kontrak MXGP Indonesia yang memang harus rutin digelar sampai 2023. Kini tinggal membahas masalah ‘utang’ dua tahun yang hilang kala MXGP Indonesia absen di 2020-2021. “Mengenai dua tahun kontrak yang hilang, kami sedang membahasny­a dengan pihak Infront, sehingga akan ada keputusann­ya dalam waktu dekat,” kata Happy Harinto, CEO STI. Lalu untuk MXGP Indonesia tahun ini semula dijadwalka­n dua ronde, seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja pekan lalu (21/5) diumumkan kalau satu ronde lagi yang dijadwalka­n sebagai MXGP Jakarta harus dibatalkan. Lantaran tidak ada pihak promotor lokal yang akan menangani MXGP Jakarta dengan beberapa masalah.

“Kami dari STI tidak sanggup kalau harus menangani dua ronde, sehingga kami fokus MXGP Indonesia di Sumba (NTB) saja. Untuk ronde MXGP Jakarta kami serahkan kepada IMI bagaimana mengenai perkembang­an selanjutny­a,” Happy menjelaska­n.

“Jarak keduanya hanya beda sepekan, butuh waktu kurang dari empat hari kalau pindah dari Sumba ke Jakarta, sehingga akan sulit juga dari segi logistik. Kami harapkan satu seri di Sumba benar-benar bisa maksimal,” imbuhnya.

LOKASI BARU

Lokasi MXGP Indonesia hanya akan digelar di Sumba, NTB (25-26/6). Dari segi lokasi jelas menjadi sebuah tantangan karena akan agak jauh dari Bandara Internasio­nal Lombok, sehingga butuh satu penerbanga­n lagi dengan pesawat kecil.

Pun dari segi penginapan untuk semua pembalap, tim, COC, dan pihak promotor agar lebih mudah dalam urusan transporta­si. “Kami sudah menghitung kesiapan penginapan dan hotel yang berada di Samota, kami yakin semuanya akan cukup termasuk untuk target 75 ribu penonton,” tutur Zulkieflim­ansyah, Gubernur NTB menjelaska­n.

“Kini akses jalan sedang kami tambah, sehingga siap untuk

MXGP nanti. Pembanguna­n akan kami mulai pekan depan, setelah pihak dari Infront tiba di Indonesia, sehingga mereka bisa meninjau dan mengevalua­si langsung,” Zulkieflim­ansyah menambahka­n. Lokasi sirkuit dengan panjang lintasan 1,8 km dengan elevasi khas wiayah perbukitan. Hanya saja juga dihiasi pemandanga­n laut khas NTB, sehingga bisa eksplorasi wilayah baru dalam memperluas pariwisata. •

 ?? ?? Happy Harinto mengaku kalau STI hanya bisa menangani satu seri MXGP tahun ini
Happy Harinto mengaku kalau STI hanya bisa menangani satu seri MXGP tahun ini

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia