Otomotif

CEGAH BELI KUCING DALAM KARUNG

-

Membeli mobil bekas atau used car jadi pilihan bagi mereka yang ingin punya kendaraan dengan harga lebih terjangkau dibandingk­an mobil baru. Segmen pembeli mobil bekas terus ada.

Sebelum membeli, calon konsumen baiknya jangan cepat tergiur dan melakukan transaksi. Perlu pengecekan secara menyeluruh agar tak menyesal kemudian hari.

Karena berstatus bekas pemakaian, maka inspeksi sebelum membeli sudah menjadi hukum yang wajib. Pengecekan diperlukan guna mengetahui kondisi aktual yang meliputi eksterior, interior, kelistrika­n hingga sektor mesin.

Nah, bagi Anda yang berniat membeli mobil bekas namun tak memiliki kemampuan inspeksi, solusinya bisa menggunaka­n jasa inspeksi mobil atau car evaluator guna membantu pengecekan.

Saat ini, sudah banyak yang menyediaka­n jasa inspeksi mobil bekas. Mayoritas menjadi satu dengan platform jual beli kendaraann­ya. Seperti Otospector, OLX Autos, Carsome dan Carro.

COO OLX Group Indonesia Hendri

Tadjuni mengatakan, proses inspeksi kendaraan di OLX Autos dilakukan secara menyeluruh pada tiga bagian utama mobil yaitu eksterior, interior, dan mesin. Melalui proses ini, petugas inspeksi dapat menentukan kondisi kendaraan dengan akurat dan harga yang ditawarkan kepada konsumen adalah pantas, sesuai dengan kondisi mobil dan hasil inspeksi.

“Sesuai standar kami, inspeksi akan dilakukan di ratusan titik kendaraan yang meliputi pengecekan fisik, kelengkapa­n surat-surat, verifikasi fisik dengan dokumen hingga pengecekan indikasi dari tabrakan dan banjir,” ujarnya.

Saat ini, layanan inspeksi mobil di OLX Autos baru melayani sebatas wilayah Jabodetabe­k saja dengan waktu layanan Senin-jumat (09.00-15.00) dan Sabtu (09.00-13.00).

Untuk biaya, terbagi dalam 3 kategori. Yakni Rp385.000 untuk Reguler ( city car dan small sedan), Rp445.000 untuk Premium ( full-sized sedan dan SUV), dan Rp545.000 untuk Luxury & Older (mobil Eropa dan luxury MPV).

INDEPENDEN­T

Selain itu, Anda juga bisa menggunaka­n jasa inspeksi mobil independen. Salah satunya adalah Edi Sundoro yang menawarkan jasanya di sosial media dengan nama @inspector_ mobil.

“Inspektor independen­t beda dengan inspeksi dari showroom, saya 100 persen independen. Jadi enggak memihak siapapun, saya cek dan kasih tahu kondisi mobil secara real apa yang saya temui,” tegas Edi yang memulai usaha ini sejak September 2020 ini.

Pria yang pernah bekerja di bengkel resmi Daihatsu ini selain inspeksi mobil bekas, juga memberikan estimasi biaya perbaikan layaknya general check.

“Saya pakai konsep jasa inspeksi independen dan general check seperti di bengkel resmi, jadi enggak cuma inspeksi biasa saja, tapi kita kasih estimasi biaya perbaikann­ya apa saja, mirip seperti general check di bengkel,” lanjut Edi.

Saat melakukan inspeksi, Edi ditunjang oleh 4 alat dengan fungsi vital. “Yang pertama scanner mobil OBD2 untuk scan ECU, kita bisa lihat apakah ada malfungsi atau histori apa, jadi kita bisa ambil data,” katanya.

“Yang kedua alat untuk pengecek baterai, starter dan pengisian. Ketiga alat untuk mengecek ketebalan cat, itu penting untuk mengetahui cat masih asli atau tidak, apakah ada dempul, kalau pakai mata biasa kan orang enggak percaya, jadi kita pakai alat itu,” lanjut Edi.

“Terakhir, alat untuk mengecek suhu AC, jadi alatnya kita masukkan ke register AC, bukan kabin, kalau 10 derajat berarti AC nya normal,” tambahnya.

Adapun proses inspeksi satu unit mobil bekas berkisar 45 menit sampai 60 menit. Namun karena keterbatas­an SDM, cakupan wilayahnya sendiri saat ini baru sebatas Jabodetabe­k saja.

“Baru mencakup wilayah Jabodetabe­k, kalau Tangerang batas Karawaci, bandara Soetta, Tangerang kota, Bekasi di Bekasi Barat dan Summarecon Bekasi saja, Bogor bisa sampai puncak karena saya memang basis di Bogor,” tutup Sundoro Edi.

Soal harga inspeksi mobil bekas, mulai dari Rp 350 - 750 ribu tergantung tahun dan jenis kendaraan, berikut rinciannya:

• Mobil Jepang tahun muda, Rp 350 ribu

• Mobil Jepang tahun tua,

Rp 400 ribu

• Mobil Eropa dan Amerika, Rp 450 ribu

• Mobil Eropa dan Amerika tua, Rp 450 ribu

• Double Cabin, Rp 500 ribu

• Light Truk, Rp 700 ribu

Bagi yang ingin menggunaka­n jasa inspeksi mobil independen Edi Sundoro, bisa Whatsapp di nomor 0813104024­25, atau kunjungi akun Instagram @inspector_mobil. • RSP

 ?? DOK. OTOMOTIF ??
DOK. OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia