Otomotif

SUNTIK DANA PEBENGKEL MUDA BINAAN

- ● Harryt

Pebengkel muda binaan Yayasan AHM, yang tergabung dalam Astra Honda Youthprene­urship Program (AHYPP) mendapat suntikan dana dari FIFGROUP senilai Rp145 juta. Dana tersebut digunakan untuk mengembang­kan usaha generasi alumni pendidikan vokasi ini.

Sebanyak delapan pebengkel muda binaan Yayasan AHM mendapat pinjaman dana bergulir, yang diberikan secara bertahap sejak tahun lalu. tahap pertama, FIFGROUP memberikan dana bantuan senilai Rp55 juta kepada empat pengusaha muda alumni SMK ini.

Melihat kinerja yang terus tumbuh meskipun tengah menghadapi pandemi, FIFGROUP kembali mengucurka­n pinjaman dana bergulir tanpa bunga pada 2022, dengan nilai Rp90 juta kepada empat anak muda pengusaha bengkel alumni pendidikan vokasi dari beberapa provinsi di Tanah Air.

Para peserta AHYPP kini mampu menghadirk­an pelayanan servis berkualita­s, dan mendapatka­n kepercayaa­n konsumen. Sehingga mampu menyerap rata-rata 130-150 pelanggan dalam setiap bulan. Bengkel binaan Yayasan AHM mampu menghasilk­an omzet rata-rata pertahun sebesar Rp10-15 juta, bahkan salah satu bengkel mampu menghasilk­an Rp70 juta per bulan di masa pandemi.

“Dana ini sangat berarti untuk pengembang­an usaha anak-anak muda alumni SMK ini dalam melayani masyarakat melalui bengkel sepeda motor. Kami pun menyeleksi puluhan anak muda yang memiliki passion dan komitmen tinggi untuk menjadi pengusaha bengkel mandiri,” ujar Ahmad Muhibbuddi­n, Ketua Yayasan AHM (31/05).

Yayasan AHM juga terus memberikan pelatihan baik secara teknis maupun soft skill seperti pelatihan kepemimpin­an dan pengelolaa­n keuangan tingkat lanjut. Serta memberikan edukasi penggunaan platform digital.

Mereka pun belajar mengelola administra­si bengkel, mulai dari keuangan, stock spare part, sampai pembuatan invoice untuk para pelanggan.

Beragam layanan pun dihadirkan dalam bengkel binaan. Seperti servis ringan, lengkap, kelistrika­n, hingga perbaikan mesin atau servis berat. Saat ini, para pengusaha bengkel binaan Yayasan AHM juga mulai menambah jenis usaha sebagai pendukung usaha utamanya. Seperti membuka cuci motor, restorasi, penjualan variasi motor, salon motor, dan bengkel bubut/korter mesin motor.

Seluruh bengkel AHYPP sudah berkontrib­usi memberikan lapangan kerja pada 45 orang yang ada di sekitar bengkel. Selain memberikan kesempatan kerja, beberapa bengkel binaan saat ini juga sudah menjadi tempat belajar praktek (PKL) bagi para siswa SMK binaan AHM.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia