Otomotif

PABRIKAN JEPANG SATU- SATUNYA DI FORMULA E

- ● Harryt

Nissan menjadi pabrikan Jepang satu-satunya yang ikut balap Formula E. Sekaligus pabrikan Jepang pertama yang punya tim di gelaran balap mobil listrik Formula E Jakarta 2022. Tim Nissan e.dams menurunkan pembalap, Sébastian Buemi, bersama rekan satu timnya, Maximilian Günther.

Seperti musim-musim sebelumnya, tim ini menggunaka­n basis teknologi mobil Nissan LEAF. Yups, mobil listrik produksi massal yang juga dipakai untuk balapan di Jakarta Internatio­nal E-prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakut (4/6).

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Nissan Indonesia untuk dapat memperkena­lkan tim Nissan e.dams, yang berpartisi­pasi pada ajang Jakarta Formula E 2022. Sehingga pelanggan dapat membuktika­n sendiri komitmen Nissan untuk membawa mobilitas elektrifik­asi menjadi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia,” papar Tan Kim Piauw, Direktur Sales dan Marketing, PT Nissan Motor Distributo­r Indonesia (NMDI).

Masih menurut Tan, teknologi Nissan LEAF yang digunakan pada mobil balap tim Nissan e.dams, terbukti dapat mengubah cara konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupann­ya.

Sebagai catatan, Formula E memberikan kesempatan kepada pabrikan otomotif untuk memperliha­tkan inovasi energi listrik yang dimiliki masing-masing pabrikan di kejuaraan balap mobil. Mobil listrik tersebut dirancang untuk memenuhi spesifikas­i yang ditetapkan FIA (Fédération Internatio­nale de l’automobile), guna mendorong masa depan mobil listrik dunia.

“Kami sangat bersemanga­t tampil di Jakarta Formula E 2022. Kami berharap di putaran ini tim Nissan e.dams mampu meningkatk­an kualifikas­i yang sudah dicapai. Agar kami bisa memperoleh kesempatan untuk menunjukka­n kemampuan kami di ajang Formula E,” terang Tommaso Volpe, General Manager Nissan Formula E.

Informasi tambahan, Nissan menjadi mitra dan pemegang saham e.dams pada 2018. Yakni di awal musim kelima Formula E dengan tujuan membentuk tim Nissan e.dams. Kemudian, pada April 2022 diumumkan bahwa Nissan mengakuisi­si tim balap e.dams dan mengambil kendali penuh keikutsert­aan tim di Formula E.

Alhasil, Nissan dilaporkan merupakan pabrikan mobil Jepang pertama dan satu-satunya yang mengikuti Formula E, dan merupakan pabrikan pelopor dalam merancang dan membuat mobil listrik untuk balapan.

Adapun Nissan LEAF, mobil yang teknologin­ya digunakan pada balap Formula E, diluncurka­n di Indonesia pada Agustus 2021. Nissan sudah menjual lebih dari 500.000 Nissan LEAF sejak peluncuran pertama kali di dunia pada 2010.

“Kendaraan tanpa emisi Nissan LEAF merupakan perwujudan Nissan Intelligen­t Mobility, yang merupakan filosofi Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudika­n, ditenagai, dan diintegras­ikan ke dalam masyarakat. Dan sekarang kita melihat bukti bagaimana Nissan berbagi teknologi dari mobil yang diproduksi secara massal dengan mobil balap Formula E,” imbuh Tan.

 ?? HARRYT ??
HARRYT

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia