Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

XMAX Connected membawa standar baru di kelasnya, karena panel intrumenny­a kini full digital, bisa terhubung dengan aplikasi di smartphone lewat Bluetooth, dan bukan itu saja, bahkan bisa menampilka­n navigasi!

Panel intrumenny­a terbagi dalam dua bagian, yang atas ukurannya lebih kecil berisi info kecepatan, fuelmeter dan odometer.

Nah layar di bawahnya yang jenis TFT berukuran 4,3 inci bisa menampilka­n banyak hal. Salah satunya adalah navigasi.

Menurut Hanggi Nurakhman, Digital Customer Experience YIMM, aplikasi yang digunakan tentu saja Y-connect, sedang untuk navigasi pakai Garmin Street Cross. “Untuk bisa menjalanka­n aplikasi Garmin, harus install Y-connect terlebih dahulu,” sebutnya.

Navigasi yang ditampilka­n di motor tentunya mirroring dari smartphone. Jadi diset dahulu tujuannya, nanti tinggal mengikuti arah yang ditampilka­n. Selain berupa peta jalan, terdapat pula info arahan belok ke kanan atau ke kiri dengan jaraknya, juga info prediksi waktu kapan sampai tujuan.

Selain itu, jika masuk ke Home maka ada banyak menu lainnya. Pertama ada Music, tentunya untuk mengatur musik yang tersedia di smartphone, jadi bisa mengatur mana yang mau diputar serta atur volume suaranya.

Berikutnya ada Odo/trip, isinya tentu info odometer, tripmeter dan trip fuel. Menu selanjutny­a ada Meter display, ini untuk memilih yang mau ditampilka­n saat tak menggunaka­n layar untuk navigasi, pilihannya ada takometer, eco (fuel consumptio­n) dan speed.

Menu berikutnya ada Notificati­on, yang mana ketika sudah terhubung dengan Y-connect, maka saat ada pesan dan telepon masuk bisa menampilka­nnya. Pesannya bisa dibaca dengan masuk ke menu Notificati­on ini. Sedang telepon, setiap ada panggilan maka nama atau nomornya langsung muncul di layar. Nah untuk mengangkat telepon bisa dengan menekan tombol bertanda panah ke atas di panel sakelar kiri.

“Bisa juga membesarka­n atau mengecilka­n volume, dengan menekan tombol panah ke atas atau ke bawah. Kalau untuk menutup telepon, tekan tombol yang tengah,” ungkap Hanggi lagi. Oiya ketika ada pesan masuk atau panggilan masuk tak terangkat, logonya juga muncul di layar paling atas bagian tengah. Sederet dengan info sinyal, baterai dan logo App.

Di baris yang sama di paling kiri ada info jam dan paling kanan ada info suhu udara sekitar.

Kemudian di dalam Menu masih ada lagi Weather, tentunya menampilka­n cuaca yang infonya diambil dari smartphone. Yang ditampilka­n dari prediksi cuaca 1, 2 dan 3 jam kemudian, kelembaban, sampai suhu minimum dan maksimum.

Terdapat pula Setting, ini untuk mengatur beberapa hal seperti TCS, connection, informatio­n/reset, dan unit.

Layar TFT ini juga bisa menampilka­n sederet info atau jadi MID, antara lain kecepatan rata-rata, konsumsi bensin ratarata dan instan, trip time, suhu udara, suhu cairan pendingin mesin, tegangan aki.

Di kanan kiri layarnya terdapat info lampu-lampu antara lain sein kiri, lampu jauh, lampu smart key, TCS, sein kanan,

check engine, lampu suhu, dan ABS.

Fitur andalan XMAX Connected berikutnya ada lampu-lampu yang semua kini sudah pakai LED, bagasi di bawah jok berkapasit­as 44,9 liter dan bisa muat 2 buah helm, terdapat pula 2 buah konsol di bawah

setang dan yang kiri ada power outlet jenis lighter, tangki bensin 13 liter, penggunaan smart key, hazard, rem cakram di kedua roda lengkap dengan ABS, TCS dan setang serta windshield yang bisa diseting tapi secara manual dengan melepas bautnya terlebih dahulu.

 ?? ?? Bagasi di bawah jok kapasitasn­ya 44,9 liter
Power outlet masih pakai yang model lighter
Bagasi di bawah jok kapasitasn­ya 44,9 liter Power outlet masih pakai yang model lighter
 ?? ?? Tombol di setang kiri jadi makin banyak
Bisa terhubung dengan dan menampilka­n navigasi, standar baru di kelasnya!
Tombol di setang kiri jadi makin banyak Bisa terhubung dengan dan menampilka­n navigasi, standar baru di kelasnya!
 ?? ?? smartphone
smartphone
 ?? ?? Jok bagian depan terlihat lebih tirus
Jok bagian depan terlihat lebih tirus
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia