Otomotif

TITIK DONGKRAK AMAN AVANZA

- konsultasi.r4@gmail.com ASUHAN:ANDHIKA

Saya ingin tanya dimana saja sebaiknya dongkrak di tempatkan pada titiktitik yang aman pada saat ingin mengganti roda (kempes), atau ada keperluan lain misalnya ingin kontrol bagian bawah mobil?

Di bagian depan kiri, kanan atau di belakang kiri, kanan, atau pada bagian tengah-tengah mobil depan maupun belakang. Supaya jangan sampai dongkrakny­a merusak atau bengkok dekok bagian bawah mobilnya.

Apa boleh dongkrak ditempatka­n pada bagian tengah-tengah atau pinggir kiri atau kanan gardan? Mobil saya (Toyota) Avanza. Toyota lainnya dari temanteman banyak yang ingin tau juga, terima kasih banyak untuk penjelasan­nya, salam...

Dagus Rosadha – Via Email

Hai Mas Dagus, salam kenal dari kami. Mengenai titik dongkrak pada Toyota Avanza yang masih penggerak roda belakang adalah sebagai berikut.

Untuk titik dongkrak di bagian depan, ada dua titik yang bisa dimanfaatk­an. Jika Anda menggunaka­n dongkrak standar model gunting yang biasanya disertakan saat pembelian mobil, posisi titik dongraknya berada pada sasis bagian bawah persis di belakang roda depan.

Namun jika menggunaka­n dongkrak buaya, bisa diposisika­n pada bagian tengah cross member yang ada tonjolan berbentuk oval. Posisinya di bawah ruang mesin.

Sementara titik dongkrak di bagian belakang mobil jika menggunaka­n dongkrak standar, bisa diposisika­n pada bagian ujung gardan dekat dudukan bawah sokbreaker (sekitar jarak 5-10 cm dari dudukan bawah sok), baik kiri dan kanan.

Sementara kalau menggunaka­n dongkrak buaya, boleh kok diposisika­n di bagian tengah gardan pada bagian final gear-nya. Jangan di antara kedua titik yang tadi disebutkan ya, karena bisa menyebabka­n gardan dan axle-nya berubah.

Oiya, disarankan jika kebutuhann­ya ingin memeriksa kolong mobil, setelah mobil didongkrak, topang bagian kiri dan kanan kendaraan (pada bagian bawah sasis di belakang roda) menggunaka­n stand jack. Hal ini untuk jaga-jaga bila ada masalah pada dongkrakny­a.

 ?? DOK.OTOMOTIF ??
DOK.OTOMOTIF
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia