Otomotif

BERSIAP PRODUKSI MOBIL LISTRIK

- ● Harryt

DFSK menyiapkan fasilitas produksi mobil listriknya untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Yakni di pabrik DFSK yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten. Pabrik tersebut sanggup memproduks­i berbagai jenis kendaraan, mulai kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) hingga listrik.

Oleh sebab itu, DFSK kemudian mengadopsi berbagai teknologi produksi terkini dan modern. Sehingga memenuhi status sebagai industri 4.0. Pabrik DFSK sudah berdiri sejak 2017, memiliki kapasitas produksi maksimal hingga 50 ribu unit per tahun.

Kapasitas ini bisa diatur secara fleksibel, lantaran produksi kendaraan di pabrik DFSK telah didukung teknologi robotik dan sumber daya manusia (SDM) terlatih.

“Kendaraan listrik sudah menjadi salah satu agenda DFSK ketika

Kemenhub memulai bisnis di Indonesia, dan perlahan kami akan terus mempersiap­kannya. Teknologi kendaraan listrik sudah menjadi DNA DFSK karena pusat R&D yang dimiliki sudah sejak lama mengembang­kannya dan menghasilk­an berbagai kendaraan yang dibutuhkan oleh konsumen di seluruh dunia,” bilang Achmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile.

Teknologi robotik di pabrik DFSK sudah mencapai 90 persen untuk proses produksi. Teknologi ini mengadopsi lengan robotik yang mendapatka­n dukungan operasi otomatis melalui pemanfaata­n internet untuk koordinasi­nya.

“Kini DFSK sudah memiliki modal besar dalam hal produksi kendaraan listrik, yakni pabrik di Cikande, dan diharapkan bisa segera menghasilk­an kendaraank­endaraan yang diinginkan konsumen,” sambung Rofiqi.

Suzuki

DFSK memproyeks­ikan pabriknya di Indonesia akan melahirkan kendaraan listrik dalam beberapa tahun ke depan. Langkah ini sejalan dengan rencana pemerintah, dalam mengembang­kan ekosistem kendaraan listrik untuk menghadirk­an lingkungan yang lebih bersih serta berdaya saing internasio­nal.

“Pemanfaata­n fasilitas perakitan DFSK di Cikande akan membuat harga jual kendaraan listrik kami lebih terjangkau dari sebelumnya. Selain itu, penggunaan komponen lokal untuk meningkatk­an TKDN juga akan memberikan stimulus bagi industri pendukung otomotif,” imbuhnya lagi.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia