Otomotif

BEBAS BERISIK & GREDEK

-

Selain mesin, Honda PCX 160 dan ADV160 berbagi CVT yang sama. Menurut Rahmat Nia Musliah dari bengkel Kedai Riders, ada beberapa pengguna kedua skutik bermesin hampir 160 cc tersebut yang mengeluh bagian CVT motornya gredek dan berisik.

Tapi tenang, pria yang akrab disapa Yoyo ini punya solusi untuk CVT berisik dan gredek baik di PCX 160 maupun ADV160.

Pertama untuk bunyi berisik. Apabila dari bagian CVT ada bunyi ‘klotok-klotok’ biasanya berasal dari piece slider. Yoyo menyaranka­n untuk mengganti bagian tersebut menggunaka­n slider lansiran Dr. Pulley.

Selanjutny­a masuk ke bagian gredek. Pria ramah ini menyebut penyebab gredek datang dari beberapa faktor. Umumnya ada kampas ganda selip, mangkok ganda yang kotor dan mangkok oleng atau speleng.

Kedai Riders menyediaka­n paket anti gredek untuk skutik Honda 160 cc. Isi paket tersebut berupa modifikasi dan penggantia­n komponen. Pertama ada custom puli depan, dibubut untuk mengubah sudut jadi 13,8° berikut jalur roller yang dikerok supaya jarak main lebih panjang.

Rollernya sendiri diganti jadi lebih ringan. Penggantia­n roller tergantung request konsumen, tapi biasanya Yoyo menyaranka­n bobot 10 gr yang dimix dengan 14 gr. Selanjutny­a per CVT diganti pakai spek 1.500 rpm lansiran SGO. Untuk per sentrifuga­l, ia masih menggunaka­n bawaan standar.

Selanjutny­a mangkok ganda diberi treatment kartel agar kampas lebih mantap mencengkra­m dan dibolongi supaya kotoran serta debu tidak terkumpul di dalam mangkok ganda. Yang menarik, kampas ganda di paket PCX dan ADV 160 ini diganti pakai part punya Yamaha NMAX.

“Tapak kampas ganda lebih panjang. Mencengker­am lebih bagus dan tidak terlalu keras, jadi kartelanny­a awet,” ujar Yoyo.

Pemasangan­nya sendiri secara plug & play, jadi pasti pas. Menurut Yoyo kalau kampas aftermarke­t umumnya pakai bahan yang keras, seperti karbon. Hal ini dapat menyebabka­n kartelnya habis.

Untuk itu kalau speknya pakai kampas ganda racing, kartelanny­a dibuat lebih tajam.

Meski ubahan-ubahan tadi terdengar seperti upgrade performa, Yoyo mengaku di paket ini ubahan yang diberikan lebih ke durability. Sehingga ada kenaikan performa meski tidak ekstrim, tapi lebih awet. Dan yang pasti hilang gejala gredeknya.

Paket anti gredek ini terbagi menjadi tiga bagian, pertama ada paket hemat. Terdiri dari custom puli depan dan mangkok ganda bawaan motor konsumen, kemudian penggantia­n roller dan per CVT. Paket ini kena tarif Rp 500 ribu dengan garansi 3 bulan.

Paket kedua berisi paket pertama dengan tambahan kampas ganda NMAX. Biayanya jadi Rp 950 ribu. Apabila ingin tambah atau ganti piece slider total biaya jadi Rp 1,2 juta. Paket ini juga ada garansi 3 bulan.

Paket terakhir berupa kedua paket di atas tapi dengan tambahan part custom CVT dari Kedai Riders. Jadi tidak pakai komponen yang ada di motor milik customer. Paket full set ini kena tambahan biaya Rp 500 ribu dari paket-paket di awal. Tetap ada garansi 3 bulan atau 1.000 km.

Garansi ini berlaku apabila gejala gredek atau berisik timbul lagi, tinggal bawa motor ke Kedai Riders yang berlokasi di Jl. Puri Beta Utara No. 58, Larangan Utara, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten. Nanti akan diberi penggantia­n dan penanganan gratis. Dengan catatan setinganny­a tidak diganti atau diotak-atik di bengkel lain.

Jadi bebas worry deh!

 ?? FOTO: RANGGA ??
FOTO: RANGGA
 ?? ?? Roller diganti pakai bobot yang lebih ringan
Mangkok ganda dikartel agar meminimali­sir selip
Roller diganti pakai bobot yang lebih ringan Mangkok ganda dikartel agar meminimali­sir selip
 ?? ?? Kampas ganda NMAX lebih panjang, bidang kontak lebi luas
Kampas ganda NMAX lebih panjang, bidang kontak lebi luas
 ?? ?? Penggantia­n piece slider tokcer usir suara ‘klotok-klotok’ di CVT
Penggantia­n piece slider tokcer usir suara ‘klotok-klotok’ di CVT
 ?? ?? Puli depan diubah sudutnya dan kerok jalur roller
Puli depan diubah sudutnya dan kerok jalur roller

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia