Otomotif

KAWASAKI MENCOBA BANGKIT

- 1. Jonathan Rea Kawasaki Racing Team 2. Toprak Razgatliog­lu PATA Yamaha WSBK 3. Alex Lowes Kawasaki Racing Team 1. Alvaro Bautista Aruba.it-ducati 2. Toprak Razgatliog­lu PATA Yamaha WSBK 3. Jonathan Rea Kawasaki Racing Team 1. Alvaro Bautista 2. Jo

Ronde penutup World Superbike (WSBK) di sirkuit Phillip Island, Australia (19-20/11) menentukan posisi runner-up antara Toprak Razgatliog­lu (PATA Yamaha WSBK) dan Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team). Kala gelar juara dunia WSBK 2022 sudah direngkuh Alvaro Bautista sepekan sebelumnya (13/11) di Mandalika. milik pembalap kelahiran Irlandia Utara itu. Kemenangan yang tidak pernah ia raih dalam delapan ronde terakhir atau 24 balapan.

Tak pelak ada rasa puas yang sempat dirasakan Rea di balapan pertama WSBK Australia. “Kemenangan yang sangat penting, tetapi kami harus berusaha lebih untuk meraih runner-up, tetapi bendera merah itu dikibarkan dan saya gagal meraih kemenangan di balap kedua,” lirih Jonathan Rea.

Pemilik enam gelar juara dunia itu akhirnya harus merelakan gelar runner-up WSBK 2022 pada Razgatliog­lu. Ia kalah dengan selisih 27 angka dan kini harus puas di peringkat ketiga klasemen akhir, meski begitu WSBK 2022 memang menjadi spesial bagi Kawasaki.

Dua dari tiga balapan, Jonathan Rea dan rekan setimnya, Alex Lowes sama-sama naik podium. Kawasaki

Ninja ZX-10RR mendominas­i parc ferme dan jadi akhir pekan yang manis pula bagi pabrikan berkelir hijau itu.

Dari kuatnya

Kawasaki, dua kemenangan tetap diraih Bautista, ia tak peduli meski sudah menjadi juara dunia, kemenangan adalah target

utamanya di setiap balapan. Maka tak heran kalau Bautista masih menambah banyak pundi-pundi poinnya, apalagi ia menerapkan strategi yang selalu tepat.

“Dominasi lintasan kering lebih banyak daripada yang basah di Superpole Race, maka saya memberanik­an memakai ban slick. Hasilnya saya bisa menjadi pemenang, strategi ini juga saya pakai di balap kedua yang diprediksi juga masih dengan kondisi campuran,” Bautista menjelaska­n.

“Tak peduli meski sudah menjadi juara dunia, kemenangan adalah target utama setiap pembalap. Saya tak ingin mengendurk­an semangat dan saya sangat suka karakter sirkuit Phillip Island, sehingga dua kemenangan di sana sangatlah baik dalam menutup musim ini,” lanjutnya.

Phillip Island yang tahun ini jadi lokasi penutup, justru akan menjadi pembuka di WSBK 2023. Ducati Panigale V4R yang akan digunakan Bautista pun akan memiliki teknologi yang lebih mutakhir dan jauh lebih kencang.

Apakah pembalap Spanyol ini akan menjadi semakin kuat di musim depan. Jadi enggak sabar nunggu Februari.

RACE 1

SUPERPOLE RACE

RACE 2

KLASEMEN AKHIR

 ?? ??
 ?? ?? DUCATI
Alvaro Bautitsa mencapai 600 point lebih dan tak mengendurk­an semangat
DUCATI Alvaro Bautitsa mencapai 600 point lebih dan tak mengendurk­an semangat
 ?? FOTO: KAWASAKI ?? Jonathan Rea buka puasa delapan seri tanpa kemenangan
FOTO: KAWASAKI Jonathan Rea buka puasa delapan seri tanpa kemenangan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia