Otomotif

FORD TELSTAR BRILLIANT PASANG PIGGYBACK POWERTRONI­C

- konsultasi.r4@gmail.com ASUHAN:ANDHIKA

Halo Engkong Andhika! Perkenalka­n saya Havid, pemilik Ford Telstar Brilliant 2.0 tahun 1997. Sebuah mobil uzur tapi jadi pusaka. Dibuktikan dengan kondisi mobil yang masih standar ting-ting.

Karena pertimbang­an kebijakan pembatasan BBM bersubsidi, dan berbekal informasi dari artikel OTOMOTIF yang saya baca, khususnya edisi XXXII 2-8 Februari 2023, dimana pada artikel “Kembalikan Potensi Performa” untuk Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 disebutkan penggunaan Piggyback Powertroni­c, sebagai salah satu solusinya.

Dan yang paling menarik dari artikel ini adalah, Piggyback ini punya fitur Switch ke settingan awal jika tidak ada bahan bakar dengan oktan tinggi.

Nah pertanyaan saya adalah, apakah mobil saya bisa dipasangka­n Piggyback yang punya fitur seperti Powertroni­c tersebut di atas?

Jika memang bisa, saya mohon petunjuk Engkong Suhu Andhika sudilah kiranya untuk memberi petunjuk, baik dalam bentuk fatwa ataupun sekalian dengan rekomendas­i bengkelnya. Terima kasih atas perhatian Engkong Suhu!

Hormat Saya,

Havid Perdana - Via Email

Halo juga bro Havid. Wahh.. saya masih muda loh, kok dipanggil Engkong, hahaha.. Oke langsung saja nih. Menurut punggawa bengkel yang mengaplika­si Piggyback Powertroni­c ini di Ninja ZX-25R (Sportisi Motorsport), pada prinsipnya bisa saja piggyback ini dipasang di mobil.

Karena pada intinya ia bekerja menangkap sinyal dari injektor, lalu dimanipula­si sesuai bukaan throttle. Namun bagian yang bisa ditune hanya open loop-nya saja, close loop-nya tidak bisa. Prinsip kerjanya sama saja dengan piggyback keluaran Dastek yang banyak digunakan di mobil.

Untuk bisa tuning open loop-nya, harus disable close loop-nya, yang kalau di motor pakai eliminator di soket oksigen sensor. Sementara di mobil biasanya lebih kompleks karena jalur kelistrika­n dan sensornya lebih banyak. Tapi umumnya yang ditune cuma open loop-nya saja.

Jadi menurut hemat kami, untuk di mobil Anda itu gunakan saja piggyback yang memang dirancang buat mobil, seperti keluaran Dastek tadi. Karena secara prinsip kerja, sama saja dengan Piggyback Powetronic.

 ?? ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia