Otomotif

Ninja BERTAMPANG KTM

-

Supermoto ini mungkin sekilas terlihat seperti motor lansiran KTM. Setelah diperhatik­an lebih detail, barulah ketahuan kalau ternyata replika yang dibuat semirip mungkin dengan motor asal Austria tersebut.

Aziz asal Lebak, Banten, owner motor mengaku, motornya dibuat dari basis Kawasaki Ninja 150RR. Agar tampilanny­a bisa mirip dengan trail dari KTM, Aziz memboyong sederet part copotan yang berasal dari pabrikan dengan warna khas oranye itu.

“Mulai dari bodi, tangki sampai suspensi saya pakai komponen dari Ktm,”ujar salah satu pemilik tempat wisata Lereng Cibolang di Lebak ini. Sayangnya Aziz lupa tipe motornya.

Bodi tersebut terpasang di sasis custom. Aziz mengaku ia mendapat sasis dari marketplac­e dengan kondisi sudah jadi. Sasis sudah didesain agar dapat terpasang mesin 1 silinder 150 cc dari Ninja 150RR. Oleh karena itu mesin 2 tak tersebut dapat duduk dengan pas dan terlihat proporsion­al.

Mesin dipasangka­n karburator aftermarke­t keluaran Scarlet. Kemudian knalpot pakai silencer variasi buat Ninja 150RR dengan leher custom.

Kaki-kaki seperti disebutkan tadi juga menggunaka­n limbah copotan motor KTM. Selanjutny­a pria ramah ini memilih tampilan supermoto pada modifikasi­nya. Oleh karena itu sepasang pelek

17 inci dari Delkevic terpasang manis. Pelek ini dilabur dengan kelir oranye. Kemudian dibalut karet bundar Maxxis beda tipe, di depan Green Devil dan belakang Extramaxx.

Pengerjaan motor dilakukan oleh Oji, salah satu mekanik yang buka bengkel spesialis motor trail di kawasan Lebak. Karena mayoritas part berasal dari copotan, pengerjaan merakit motor cenderung cepat, hanya sekitar 2 minggu saja.

Aziz cukup puas dengan hasil akhirnya. Namun, ia menyebut pengerjaan selanjutny­a yaitu membuat boks filter udara karena saat kami temui karburator masih model open.

Ditunggu ubahan selanjutny­a kang!

 ?? ??
 ?? ?? Jok custom tipis nan panjang ala besutan trail
Jok custom tipis nan panjang ala besutan trail
 ?? ?? Perut knalpot model ‘udang’ khas di trail 2 tak
Perut knalpot model ‘udang’ khas di trail 2 tak
 ?? ?? Swingarm diambil dari part copotan KTM
Swingarm diambil dari part copotan KTM
 ?? ?? Bak magnet dan kopling dikasih emblem KTM, makin nyaru!
Bak magnet dan kopling dikasih emblem KTM, makin nyaru!
 ?? ?? Headlamp LED aftermarke­t mengisi batok tipis dari KTM
Headlamp LED aftermarke­t mengisi batok tipis dari KTM
 ?? ?? Radiator turut dipasang di sisi kiri atas
Radiator turut dipasang di sisi kiri atas

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia