Otomotif

KEPRAKTISA­N

-

Sebagai skutik modern Yamaha, Grand Filano dibekali sederet fitur kepraktisa­n. Mulai dari smart front refuel atau lubang pengisian bahan bakar di depan, sehingga tidak perlu lagi membuka jok setiap isi bensin. Sebagai ganti kantung kiri, di bawah setang terdapat tutup tangki bensin, dapat dibuka melalui tombol di samping knop ignition.

Dari lubang pengisian bensin disalurkan melalui pipa panjang menuju tangki bensin yang ada di bawah dek. Tangki bensin berkapasit­as 4,4 liter, termasuk 1 liter reserve. Meski terletak di dek, tangki tetap aman berkat perlindung­an skidplate di bawahnya.

Walau sama-sama punya tangki bensin di bawah dan inlet di depan, konstruksi tangki bensin di Grand Filano sama sekali berbeda dengan Freego. Tangki bensin Freego terletak di tengah sasis, dengan dua buah down tube di sisi kiri dan kanannya. Sementara itu posisi tangki bensin Grand Filano di sebelah kiri.

Hal ini membuat sasisnya asimetris, alias tidak sama antara kanan dan kiri. Di mana sasis utama dari atas akan miring ke sebelah kanan terus sampai ke belakang. Barulah di sebelah kiri terdapat downtube dari pipa besi yang berdiamete­r lebih kecil dari kanan/sasis utama.

Menurut pihak Yamaha sasis asimetris demi mengejar distribusi bobot ideal. Karena posisi tangki ada di kiri bawah.

Kemudian di sebelah kanan terdapat open pocket dan electric power socket. Bagasi di bawah jok berkapasit­as 27 liter, lebih besar 2 liter dari Yamaha NMAX. Bagasi Grand Filano juga terdapat lampu LED, pertama di kelasnya dan motor kedua Yamaha setelah XMAX Connected.

Selanjutny­a ada smart key system, praktis tinggal dimasukkan ke kantung dan putar kenop ignition untuk menyalakan motor. Di remotenya terdapat tombol untuk answer back system.

Grand Filano dibekali dengan pelek 12 inci dan dibalut ban tubeless lansiran Dunlop. Ukurannya rata antara depan dan belakang, 110/70-12 47L.

 ?? ?? Skidplate di bawah tangki melindungi dari benturan
Skidplate di bawah tangki melindungi dari benturan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia