Otomotif

SAATNYA BANGKIT

-

Warna biru tua masih mendominas­i mobil Williams Racing mengarungi F1 2023. Jika dibandingk­an dengan mobil tahun lalu, Williams FW45 tidak berubah banyak dari segi corak saat perkenalan (6/2).

Hanya saja yang terlihat dari makin banyaknya co-sponsor yang mendukung langkah Williams Racing untuk musim ini. Product placement yang paling kreatif adalah Duracell, perusahaan baterai yang terpampang pada air

scoop bagian atas FW45. Sekilas terlihat seperti baterai bikinan Duracell terpasang di mobil bikinan Inggris tersebut. “Secara finansial, kami lebih stabil di musim ini dibandingk­an musim lalu, tetapi semuanya harus berjalan seirama agar pendanaan dan riset mobil berjalan dengan baik,” tutur James Vowles, Pimpinan Tim Williams Racing.

Ini adalah langkah baru bagi James menjadi sosok pemimpin utama dari sebuah tim F1. Sampai tahun lalu ia masih menjadi ahli strategi dari Mercedes AMG Petronas dan dengan pengalaman yang apik.

“Ini adalah sebuah kepercayaa­n besar untuk memimpin tim yang bersejarah di F1. Saya masih menjadi bagian dari Mercedes dan

powertrain yang sama juga dengan tim pabrikan. Kami cukup optimis di era baru mobil F1 tahun ini,” James menjelaska­n.

DIPERBAIKI

Dirinya memang ahli strategi yang suka diberi cap jagoan team order. Karena ia selalu memberi perintah kepada pembalap lain agar melambat, guna memberikan keuntungan pembalap lain yang sedang didahuluka­n mengejar kemenangan atau gelar juara dunia. Valtteri Bottas dan George Russel sangat paham akan hal itu, kala mereka harus ‘mengalah’ untuk memberikan Lewis Hamilton hasil yang lebih bagus.

Namun itu di tim papan atas, Mercedes AMG Petronas. Di Williams Racing adalah tim peringkat terbawah yang pembalap seniornya adalah Alexander Albon. Masalah team order, Albon cukup paham kala selalu memberikan Max Verstappen hasil yang lebih bagus kala membela Red Bull Racing. Sekarang apakah giliran dirinya yang dikedepank­an?

“Saya tidak memikirkan masalah team order itu. Saya bertujuan memberikan yang terbaik di setiap balapan untuk membuktika­n kalau saya masih layak balapan di balap mobil bergengsi ini. James adalah sosok penting di Mercedes, saya yakin dia akan memberikan dampak positif untuk di Williams ke depannya,” tutur Albon.

Williams Racing juga menaungi pembalap debutan, Logan Sargeant. Untuk pertama kalinya dalam beberapa puluh tahun terakhir ada lagi pembalap dari Amerika Serikat yang berkiprah di F1. Apalagi Negeri Paman Sam itu sedang banyak fans baru usai masuk tiga ronde di F1 2023, Texas, Las Vegas, dan Miami.

“Ini adalah tahun yang tepat untuk saya masuk ke F1. Saya memiliki tiga balapan kandang dan saya semakin termotivas­i. Williams adalah tim bersejarah dengan pencapaian yang semakin baik di musim lalu. Tujuan saya adalah mencetak point di setiap balapannya,” ucap Sargeant.

 ?? ?? Alexander Albon optimis dengan masuknya James Vowles di Williams Racing
Logan Sargeant berada di tahun yang tepat sebagai pembalap Amerika Serikat kembali ke F1
Alexander Albon optimis dengan masuknya James Vowles di Williams Racing Logan Sargeant berada di tahun yang tepat sebagai pembalap Amerika Serikat kembali ke F1
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia