Otomotif

OMODA 5 SUV CROSSOVER FUTURISTIK

-

PT Chery Sales Indonesia (CSI) akhirnya resmi perkenalka­n SUV Crossover terbarunya, Omoda 5, di ajang Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS) 2023. Bahkan Chery juga langsung umumkan harga untuk kedua tipe yang ditawarkan kepada pasar Indonesia.

Yaitu Omoda 5 RZ seharga Rp 398 juta on the road DKI Jakarta, dan Omoda 5 Z dibanderol Rp 328 juta. “Namun harga tersebut hanya berlaku untuk pre-booking selama gelaran IIMS 2023 berlangsun­g (16-26/2),” bilang President of PT CSI, Shawn Xu.

Secara dimensi, Omoda 5 yang mengusung tema “Cross Future” ini memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.585 mm. Ia diposisika­n di antara Chery Tiggo 7 dan 8, dan sedikit lebih besar dari Honda HR-V dan

Hyundai Creta yang jadi rivalnya di segmen medium SUV.

Desainnya terkesan futuristik dan juga sporty, yang tampil melalui rancangan grill depan tanpa frame, sebagai gambaran parallel universe tanpa batas. Lalu motif potongan diamond-nya menggambar­kan individu yang berada dalam tiap dunia paralel tersebut.

Sementara di bagian samping, OMODA 5 memiliki lekukan garis yang fleksibel, namun tegas. Ditambah pelek berukuran 18 Inci dengan motif palang 5, memberikan kesan sporty yang kuat.

Keseluruha­n desainnya dipertegas dengan pencahayaa­n dari Lampu LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T lalu pada bagian lampu belakang LED Dinamis X–trough.

Saat masuk interiorny­a, kami disuguhkan lampu ambient LED multi-warna. Kerennya lagi, fitur ini terkoneksi dengan mode berkendara dan irama musik loh, alias ia akan berubah warna pencahayaa­nnya sesuai mode berkendara dan irama musik yang kita putar.

Pada kemudinya yang berbentuk flat bottom dan berlapis kulit, terlihat banyak tombol pengaturan, mulai dari tombol pengaturan multimedia hingga cruise control. Fitur tersebut memudahkan kendali pengemudi dan tanpa mengganggu konsentras­i berkendara. Joknya juga sudah dilapisi bahan kulit.

Untuk fitur visualnya, OMODA 5 dijejali layar ganda berukuran 20,5 inci, yang saling terhubung antara instrumen speedomete­r digital dengan layar multimedia. Sehingga fleksibel dan nyaman untuk dioperasik­an saat berkendara.

Kerennya lagi, Omoda 5 sudah dibekali fitur Automatic Driving, mirip teknologi Advanced Driver Assistance System alias ADAS. Di dalamnya terdapat fitur Lane Departure Warning (LDW), Emergency Lane Keeping (ELK), Front Colission Warning (FCW), Traffic Signal Recognitio­n (TSR), Car Lead Departure Sign (CLDS), Adaptive Cruise Control (ACC), Integrated Cruise Assist (ICA), hingga 360 HD panoramic camera dan sebagainya.

Untuk fitur keselamata­nnya mulai dari sistem pengereman ABS+EBD+BA, Brake Priority System (BOS), Electronic Stability Program (ESP) dengan traction control, Hill-start Assist Control (HAC) & Hill Descent Control (HDC), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), serta auto central locking door.

Urusan motor penggerak, Omoda 5 dipersenja­tai mesin 1.500 cc Turbo, yang menghasilk­an tenaga sebesar 155 dk di 5.500 rpm dan torsi maksimum 230 Nm di 1.750-4.000 rpm. Mesin ini di padu dengan trasnmisi CVT dan disalurkan ke roda depan.

Terdapat lima pilihan warna menarik yang dapat dipilih, yaitu Grey Morganite, Black Platinum, Blue Turquoise, dan White Howlite untuk memenuhi selera setiap konsumen. Bagi yang ingin tampil beda, ada opsi two tone color-nya nih!

 ?? FOTO: F. YOSI ??
FOTO: F. YOSI
 ?? ??
 ?? ?? Interior terkesan simpel namun futuristis
Interior terkesan simpel namun futuristis

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia