Otomotif

SEGAR-SEGAR

-

Mclaren F1 Team menjadi tim dengan warna paling segar untuk menjalani musim balap 2023. Bukan sekadar warna jingga yang menjadi khas, tetapi beberapa corak dan grafis memang ada perubahan pada mobil dengan nama MCL60 ini.

Nama tersebut dipakai tim Mclaren di F1 2023 sebagai peringatan 60 tahun tim yang dibentuk Bruce Mclaren. Selain dari livery yang lebih segar, juga ada beberapa penyegaran dari setiap orang penting yang terlibat pada pabrikan asal Inggris ini.

Lando Norris masih menjadi ujung tombak dan diharapkan bisa lebih sering podium, setelah tahun lalu hanya mendulang satu podium ketiga pada F1 Emilia Romagna.

Lalu pembalap debutan, Oscar Piastri resmi bergabung dengan Mclaren selepas menjadi juara F2 2021 dan menganggur di 2022.

Sosok baru lainnya adalah Andrea Seidle sebagai pimpinan tim dan pengatur strategi. ”Kami senang, tapi tidak sepenuhnya senang dengan mobil yang diluncurka­n,” tutur Seidle.

“Ada beberapa area lain dari mobil yang akan ditingkatk­an dengan pengembang­an awal musim. Performa dan menjaga durabilita­s ban adalah masalah yang menjadi beban pikiran tim sejak tahun lalu. Kami fokus untuk memperbaik­i masalah itu,” lanjutnya.

KE PANGGUNG

Lebih sering naik podium memang menjadi target utama Mclaren F1 Team. Tahun lalu mereka punya hasil yang lebih baik dari Mercedes AMG Petronas di paruh awal. Namun paruh kedua, performany­a merosot dan dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell lebih sering naik ke panggung.

Tak pelak ada evaluasi yang membuat Mclaren harus bisa meraih podium lebih banyak di F1 2023.

“Semua beban dan target Mclaren kini diberikan kepadaku, memang merasa berat, tetapi juga tertantang sebagai pembalap yang terbilang sudah lama bersama

Mclaren” kata Lando Norris yang sudah memasuki tahun kelima membela Mclaren.

“Kami akan memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi. Tahun kelima ini adalah saatnya membuktika­n kalau saya adalah yang terbaik yang dipertahan­kan. Mclaren bukan pabrikan sembaranga­n, apalagi kini menggunaka­n mesin yang pernah juara (Mercedes),” timpalnya.

Oscar Piastri yang menjadi reserve driver tanpa balapan sama sekali tahun lalu pun cukup berdebar untuk menjalani debutnya. Ia sempat mendapatka­n harapan palsu dari Alpine dan Aston Martin, hingga akhirnya resmi bergabung dengan Mclaren F1 Team.

Lama tidak balapan membuatnya memang harus pintar dalam menjaga kondisi fisik semasa absen panjang. Ternyata pembalap asal Australia itu masih menjalani latihan gokart dan rutin latihan fisik di gym sepanjang 2022.

“Saya tidak ingin menyerah pada mimpi dan harapan untuk ke F1. Saya menunggu ini setahun penuh dengan latihan fisik maksimal, meski sangat jarang di dalam mobil. Ini adalah kepercayaa­n besar dari Mclaren, saya tidak ingin mengecewak­an, saya ingin point di musim pertama dan meminimali­sir kesalahan,” kata Piastri.

 ?? ?? Lando Norris sudah dianggap pembalap senior di Mclaren.
Oscar Piastri menantikan momen untuk balapan setahun penuh di F1
Lando Norris sudah dianggap pembalap senior di Mclaren. Oscar Piastri menantikan momen untuk balapan setahun penuh di F1
 ?? FOTO:MCLAREN ?? MCL60 dengan grafis tegas dan dinamis, di tahun ke-60 mobil bikinan Bruce Mclaren
FOTO:MCLAREN MCL60 dengan grafis tegas dan dinamis, di tahun ke-60 mobil bikinan Bruce Mclaren

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia