Otomotif

PAMER XFC CONCEPT, TAHUN INI SIAP DIJUAL

-

Bila beberapa pabrikan memanfaatk­an momen pameran Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS) 2023 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, untuk memperkena­lkan produk baru mereka yang siap dijual di pasaran, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) justru pamer sebuah SUV konsep.

Namun SUV purwarupa dari Mitsubishi bernama XFC Concept yang sudah lebih dulu diperkenal­kan di ajang Vietnam Motor Show 2022 lalu ini, digadangga­dang akan direalisas­ikan dalam bentuk produk massal.

Ada 3 poin ungulan yang dibawa oleh XFC Concept ini. “Mitsubishi XFC Concept hadir dengan membawa tiga poin penting, yakni silky & solid design, smart & quality, serta compact & spacious interior,” papar Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division MMKSI pada pembukaan IIMS 2023.

Masih ingat kan dengan mobil konsep Mitsubishi bernama XM Concept beberapa tahun lalu, yang kemudian diwujudkan jadi Xpander? Nah, XFC Concept ini juga nantinya akan diwujudkan jadi produk massal kayak XM Concept, namun dalam wujud Sport Utility Vehicle (SUV) Compact.

“XFC Concept masuk ke compact SUV. Punya dimensi yang kompak, tapi bagian dalamnya cukup lega. Konsep desainnya silky and solid, bisa dilihat dari tarikan-tarikan garis bodi. Kemudian, bagian depan masih ada Dynamic Shield, tapi dengan ubahan supaya lebih fresh,” papar Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division PT. MMKSI

Hemm.. dengan begitu artinya ia akan jadi penantang serius Kia Sonet, Nissan Magnite, Honda WR-V, Renault Kiger, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Secara tampilan eksterior, XFC Concept ini masih mengusung konsep Dynamic Shield terbaru khas Mitsubishi. Hal itu kental terlihat pada bentuk lampu depan dan DRL T-shape-nya. Di buritan juga terlihat menggunaka­n lampu ekor berbentuk T. “Ia juga punya lingkar roda yang besar dan ground clearance tinggi, bikin ekspresi XFC terlihat tangguh dan lincah,” jelas Guntur lagi.

Sedangkan untuk bocoran teknologi dan fiturnya, akan ada 4 macam mode berkendara, yakni Normal, Mud, Eet dan Gravel. “Wet mode perdana diperkenal­kan oleh Mitsubishi Motors. Fitur ini dipertimba­ngkan karena kondisi iklim di ASEAN,” tukas Guntur.

Dari obrolan singkat OTOMOTIF dengan beberapa petinggi MMKSI, dipastikan XFC ini pas jadi produk massal tidak jauh beda dengan yang konsep. Paling yang akan sedikit berbeda hanya di desain peleknya. Tentunya mengikuti pasar dan tren yang ada di Indonesia. Selain itu, interior juga pasti akan sedikit berbeda. Baik secara desain dan bahan, walaupun enggak melenceng jauh dari konsep. “Yang jelas akan dibuat dengan material berkualita­s tinggi menggunaka­n teknologi canggih. Lalu akan ada layar ganda ukuran 12 inci di dasbornya,” papar Guntur. Oiya, menurut Intan Vidiasari, General Manager of Marketing Communicat­ion & PR Division PT MMKSI, setelah IIMS 2023 ini XFC Concept akan diperkenal­kan ke beberapa kota selain Jakarta.

“Seperti di Bandung, Surabaya dan berakhir di Semarang. Seperti juga XM Concept yang jadi Xpander, kira-kira nantinya XFC juga begitu

Dan kabar baiknya, “XFC akan mulai dijual tahun ini. Untuk komponenny­a, XFC mix, ada yang benar-benar baru dan juga banyak yang common parts alias sudah dipakai pada produk lain. Kita pastikan ini produk yang menarik konsumen Indonesia dan Mitsubishi,” beber Hikaru Mii, Asyikkk..! .

 ?? FOTO: PATAR ??
FOTO: PATAR
 ?? ?? XFC Concept rencananya akan direalisas­ikan tahun ini, untuk bersaing di kelas compact SUV
HARI PANGESTU
XFC Concept rencananya akan direalisas­ikan tahun ini, untuk bersaing di kelas compact SUV HARI PANGESTU
 ?? ?? Desain lampu belakang model T, mirip seperti di Xpander
Desain lampu belakang model T, mirip seperti di Xpander
 ?? ?? Pakai layar ukuran 12 inci,
XFC Concept tawarkan kenyamanan
Pakai layar ukuran 12 inci, XFC Concept tawarkan kenyamanan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia