Otomotif

HADIRKAN WRX SEDAN DAN WAGON

-

Turut ramaikan ajang IIMS 2023, Subaru Indonesia perkenalka­n 2 model Subaru WRX yang masih membawa Ikon Rally Subaru WRX, yakni The All-new Subaru WRX (sedan) dan WRX Wagon.

“Keduanya menawarkan beragam fitur dan teknologi terbaru. Kami percaya bahwa model ini akan secara substansia­l menghidupk­an kembali sejarah panjang Subaru di dunia Motorsport, mengingat WRX adalah simbol kendaraan high-performanc­e Subaru sejak model ini pertama kali diluncurka­n pada tahun 1992,” bilang Arie Christophe­r, Chief Operating Officer Subaru Indonesia.

Masih kata Arie, mobil dengan DNA balap ini sudah dilengkapi dengan Symmetrica­l All-wheel Drive, BOXER® Engine dengan Subaru Performanc­e Transmissi­on, Subaru Global Platform, dan sistem bantuan pengemudi Eyesight® generasi ke-4.

Secara tampilan, duet WRX Sedan dan Wagon ini mengusung bahasa desain global “Subaru BOLDER” yang ekspresif, salah satunya lewat garis bodi yang tegas.

Lalu pada model sedannya, terdapat empat fender-line yang fungsinya banyak ditanyakan awak media saat peluncuran global maupun di IIMS 2023. “Jadi fender dengan desain hexagonal print ini berfungsi untuk mendukung aerodinami­ka, guna mengatur aliran udara yang lebih baik,” beber Ismail

Ashlan, Marketing Communicat­ions

Manager Subaru Indonesia. Kontur bodi dari belakang ke depan juga kata Ismail terlihat seperti menukik ke bawah, yang mengesanka­n tampilan agresif. “Bahkan ketika mobil sedang parkir sekalipun,” tambahnya.

Kemudian sisi fender belakang tidak dikasih lubang aliran udara. Sebaliknya diffuser-nya yang dibolongi agar bisa mengatur aliran udara untuk ciptakan efek down force, sehingga roda bagian belakang mobil bisa mencengkra­m aspal maupun trek non aspal dengan maksimal.

Untuk di bagian buritannya sendiri, WRX Sedan menawarkan desain rear combinatio­n lamp yang beraura modern namun sporty. Sedangkan WRX Wagon tampak sedikit berbeda, terutama bentuk kaca belakang ke bawah dan buritan terlihat lebih gemuk, ciri khas wagon.

Masuk ke kabin, kedua tipe WRX ini tampilan interior bagian depannya terlihat sama, dengan desain “Horizontal Line Dashboard” yang memberikan kesan lapang, namun tetap ergonomis. Di tengah dasbor tertanam layar infotainme­nt berukuran 11,6 inci yang dapat terkoneksi dengan Apple Carplay dan Android Auto lewat kabel.

MESIN & TRANSMISI

WRX Sedan maupun Wagon dibekali mesin BOXER® 2.4 Liter Turbo yang mampu menghasilk­an tenaga 273 dk di 5.600 rpm dan torsi 350 Nm di 2.000 rpm. Mesin ini diklaim memiliki keseimbang­an antara power dan penggunaan harian yang halus, serta konsumsi bahan bakar efisien. Klaimnya, untuk raih 0-100km/jam hanya butuh 6 detik loh. Woww..!

Tersedia 2 tipe transmisi untuk WRX tipe sedan, yakni manual 6-percepatan dan Automatic 8-percepatan Subaru Performanc­e Transmissi­on (SPT), yang disalurkan ke empat roda untuk sedan (AWD). Sedangkan untuk tipe wagon hanya ditawarkan transmisi matik saja.

Perpaduan mesin dan transmisi dengan teknologi baru tadi yang didukung Variable Torque Distributi­on AWD system, menawarkan upshift lebih cepat 30% dan downshift lebih cepat 50% jika dibandingk­an dengan generasi sebelumnya.

Selain itu penggunaan Subaru Global Platform juga meningkatk­an

torsional rigidity hingga 28%, dan penggunaan material adhesive tambahan di bodi WRX wagon memungkink­an manuver tajam sama seperti sedan.

Oiya, Kedua varian WRX ini ditawarkan dalam beragam pilihan warna, yaitu World Rally Blue, Solar Orange Pearl, Ignition Red, Sapphire Blue Pearl, Ceramic White, Ice Silver Metallic, Magnetite Grey Metallic, dan Crystal Black Silica.

 ?? FOTO: F. YOSI ??
FOTO: F. YOSI
 ?? ?? Subaru WRX Sedan dibanderol paling murah Rp 848,5 juta
Subaru WRX Sedan dibanderol paling murah Rp 848,5 juta

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia