Otomotif

DAYA SAING PRODUK LOKAL

-

Pada 2023, TMMIN menargetka­n ekspor Kijang Innova Zenix sebanyak lebih dari 8.000 unit. Komposisin­ya 30% tipe HEV dan 70% tipe mesin bakar ke negara-negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Diharapkan, ekspor Innova Zenix akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target 17,000 unit di 2025 untuk tipe hybrid dan konvension­al.

Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengatakan, ekspor perdana Kijang Innova Zenix ini tidak mungkin tercapai tanpa dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia, kemitraan yang kuat dari seluruh rantai pasok kami termasuk industri kecil dan menengah (IKM), dan dukungan masyarakat.

“Semoga kami dapat berkontrib­usi lebih besar lagi agar dapat bersamasam­a tumbuh dan meningkatk­an daya saing global untuk memenuhi perkembang­an industri otomotif Indonesia dan global,” jelas Warih.

Sementara itu, disampaika­n Direktur Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam, ekspor Kijang Innova Zenix Hybrid juga memperkuat posisi Toyota Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor global Toyota di kawasan Asia-pasifik.

“Kami akan terus meningkatk­an kualitas produk-produk kami ke depannya agar semakin diterima konsumen Indonesia dan mancanegar­a. Ekspor perdana ini pun membuktika­n kemampuan sumber daya anak bangsa dalam menghasilk­an produk otomotif berteknolo­gi tinggi yang berkualita­s dan berdaya saing,” tegas Bob.

Ia melanjutka­n, ke depan pihaknya akan terus meningkatk­an kapabilita­s SDM industri otomotif nasional, terutama untuk mempertaja­m keahlian yang dibutuhkan dalam menjawab tantangan era elektrifik­asi.

“Seperti baterai, energi baru terbarukan termasuk hydrogen, konektivit­as, dan banyak lagi. Serta mempertaha­nkan peran Indonesia sebagai pemain global,” urai Bob melanjutka­n.

 ?? HARI PANGESTU ??
HARI PANGESTU

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia