Otomotif

PLESIR DENGAN GAYA

-

Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing (YIMM) baru saja memperkena­lkan produk terbarunya, Yamaha Grand Filano. Untuk merasakann­ya, mengajak awak media menikmati Bali pakai skutik tersebut (23-24/2). OTOMOTIF menjadi salah satu yang ikut riding dalam acara bertajuk Classy on Vacation tersebut.

Acara test ride ini dikemas dalam bentuk city touring untuk mengekplor­asi berbagai destinasi menarik di Pulau Dewata.

Mengusung slogan The Next Level of Your Life, kegiatan ini jadi kesempatan buat menguji beberapa keunggulan yang dimiliki skutik classy Yamaha ini, mulai fitur, kenyamanan, performa, dan kenyamanan berkendara.

Antonius Widiantoro, Assistant General Manager Marketing PT YIMM mengatakan, pemilihan lokasi dikarenaka­n Bali merupakan target utama pemasaran skutik ini.

“Market Bali setelah pandemi dinilai cukup bergairah. Jadi memang Bali itu tempat yang paling ditunggu-tunggu untuk dikunjungi setelah pandemi. Kedua, kegiatan ini bertujuan untuk merefleksi­kan Grand Filano. Bali menjadi target kita,” ucap Anton di sela acara media test ride.

Dalam acara ini, kami menjajal Grand Filano dengan total jarak perjalanan sekitar 125 kilometer yang dibagi dalam beberapa etape.

Rute yang kami lalui juga beragam, mulai dari jalan aspal, jalan tol laut Bali Mandara, hingga jalanan berbatu dan rusak.

Karena jumlah motor hanya 15 unit dan jurnalis dari media nasional berikut komunitas yang ikut lebih banyak, jadi grup riding dibagi dua dari satu etape ke etape selanjutny­a.

Di hari pertama, perjalanan diawali dari Yamaha Flagship Shop Bali menuju Taman Muntig Mertasari. Rute ini didominasi jalanan aspal mulus.

Di Taman Muntig ini kami melakukan pertukaran motor, termasuk OTOMOTIF yang akhirnya mulai riding dari sini.

Tujuan berikutnya menuju Pantai Balangan dengan melewati kontur jalan aspal, sedikit jalanan rusak, dan juga jalanan berbatu.

Mesin 124,88 cc dengan torsi 10,4 Nm dan produksi tenaga 8 dk sudah cukup untuk mengakomod­asi kebutuhan perjalanan di rute ini.

Dengan penyaluran tenaga linear dari putaran bawah ke atas, tak perlu bejek gas dalam-dalam untuk menggapai kecepatan yang diinginkan.

Mesin ini juga dilengkapi dengan Hybrid Power Assist yang sama dengan Fazzio.

Sistem hybrid ini hanya berfungsi memberikan tambahan tenaga selama 3 detik dari kondisi motor berhenti total saat berakseler­asi.

Selain itu, bantingan suspensiny­a pun terasa sangat empuk, baik saat riding sendirian maupun berbonceng­an

Dari Pantai Balangan, rombongan bertolak ke Savaya Beach Club. Rute kali ini didominasi kontur jalan berliku dengan banyak tanjakan dan turunan.

Di sini kami merasakan handling Grand Filano dalam melibas tikungan-tikungan nikmat yang ditawarkan.

Hari kedua, rombongan kembali mengarah ke Utara Pulau Bali. Destinasi pertama yang dituju adalah Pitaloka Sanur.

Oh ya, kami juga mengetes konsumsi bensinnya dalam perjalanan hari kedua ini. Hasilnya ternyata cukup mengejutka­n. Pada menu avg. fuel consumptio­n yang terdapat di panel instrumenn­ya, tercatat konsumsi rata-rata adalah 58,5 km/liter!

Hasil tersebut sedikit lebih rendah dari hasil tes internal Yamaha yang mencatatka­n 1,66 liter per 100 km, alias dengan satu liter bensin bisa membuat Grand Filano melaju hingga sejauh 60-an kilometer.

Hasil tersebut tentunya bisa berbeda, tergantung bobot pengendara, cara membuka gas hingga medan yang dilalui.

Dalam hal ini, saya yang mewakili OTOMOTIF memiliki bobot 70 kg dengan tinggi 178 cm. Medan yang dilalui didominasi jalan aspal datar.

Selama berkendara, gas dibuka secara perlahan dengan kecepatan rata-rata di 50-60 km per jam.

Tak lupa fitur Stop and Start System (SSS) juga diaktifkan, yang bikin konsumsi bensinnya jadi lebih irit.

Perjalanan ditutup dengan riding kembali ke Yamaha Flagship Shop untuk mengembali­kan unit test ride. Total jarak yang ditempuh di hari kedua adalah 61 km.

Tak terasa perjalanan sejauh kurang lebih 125 km telah kami lalui selama 2 hari.

Kesimpulan dari kami, Yamaha Grand Filano bisa menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang ingin membeli skutik untuk penggunaan harian.

Riding position nyaman, suspensi empuk, kaya akan fitur-fitur pendukung, akomodasi lega, konsumsi bensin irit, belum lagi tampangnya yang rupawan. Perfect buat daily riding!

Sejak Januari 2023, Yamaha Grand Filano sudah dapat dibeli di seluruh dealer resmi Yamaha Indonesia.

Tersedia dalam dua varian, Lux yang dibanderol Rp 27,5 juta dan Neo yang dibanderol Rp 27 juta. Semua harga OTR Jakarta.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia